EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL BERBASIS MINFUL SELF COMPASSION PROGRAM (MSC PROGRAM) UNTUK MENGEMBANGKAN KUALITAS HIDUP (Penelitian Eksperimen Untuk Kelas X SMA Negeri Ciawi Tasikmalaya)

Puteri Karenina Sahara, - (2023) EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL BERBASIS MINFUL SELF COMPASSION PROGRAM (MSC PROGRAM) UNTUK MENGEMBANGKAN KUALITAS HIDUP (Penelitian Eksperimen Untuk Kelas X SMA Negeri Ciawi Tasikmalaya). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya.

[img] Text
Puteri Karenina Sahara - COVER.pdf

Download (193kB)
[img] Text
Puteri Karenina Sahara - ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Puteri Karenina Sahara - BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Puteri Karenina Sahara - BAB V.pdf

Download (935kB)
[img] Text
Puteri Karenina Sahara - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kurangnya kemampuan untuk merealisasikan keinginan dan harapan akan berdampak pada kesehatan mental yang mengakibatkan terhambatnya proses perkembangan remaja. Remaja yang mengalami hambatan dalam proses perkembangannya dapat menyebabkan rendahnya kualitas hidup. Menurunnya kualitas hidup pada remaja dapat berpengaruh terhadap penurunan produtivitasnya. Kualitas hidup yang rendah dapat ditandai dengan rendahnya dimensi pertumbuhan pribadi, keberfungsian sosial dan keberfungsian diri. Tujuan penelitiannya adalah untuk mengetahui efektivitas layanan bimbingan klasikal berbasis mindful self compassion program dalam meningkatkan kualitas hidup pada siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian eksperimen dan menggunakan jenis penelitian Pre-experimental Design yakni One-Group Pretest Posttest Design. Populasi yang digunakan dalam penelitian yaitu siswa kelas X SMA Negeri 1 Ciawi Tasikmalaya yang berjumlah 427 siswa dengan subjek yang dijadikan sampel untuk diberikan intervensi adalah siswa yang memiliki kualitas hidup rendah yang berjumlah 21 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis uji perbedaan rata-rata dua berpasangan (paired-sample t-test) untuk menguji efektivitas intervensi yang diberikan dan uji effect size untuk mengukur signifikansi hasil penelitian berupa ukuran besarnya efek dari intervensi yang telah dilakukan. Hasill penelitian dengan menggunakan uji paired-sample t-test menunjukkan bahwa thitung≥ttabel yakni 10,074 ≥ 2,060 dengan taraf signifikansi 95% yang berarti layanan bimbingan klasikal berbasis mindful self compassion terbukti efektif dalam meningkatkan kualitas hidup pada siswa remaja yang memiliki kualitas hidup rendah.

[error in script]
Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN
Thesis advisorDewang Sulistiana, -NIDN0423098602
Thesis advisorGian Sugiana Sugara, -NIDN0015128701
Additional Information: Hardcopy: SKP.BK 0175
Uncontrolled Keywords: Kualitas hidup, Kesejahteraan hidup, Layanan bimbingan klasikal,
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Bimbingan Konseling
Depositing User: Admin Perpus
Date Deposited: 25 Oct 2023 06:57
Last Modified: 25 Oct 2023 06:57
URI: http://repository.umtas.ac.id/id/eprint/1689

Actions (login required)

View Item View Item