Fajriyah Ariawan, - (2022) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN MINIATUR PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA MIKROHIDRO (PLTMH) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS 6 SDN KARANGANYAR - (SKP.PGSD.0094). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya.
Text
Fajriyah Ariawan - COVER.pdf Download (202kB) |
|
Text
Fajriyah Ariawan - ABSTRAK.pdf Download (928kB) |
|
Text
Fajriyah Ariawan - BAB I.pdf Download (1MB) |
|
Text
Fajriyah Ariawan - BAB V.pdf Download (930kB) |
|
Text
Fajriyah Ariawan - DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
Abstract
Tujuan dilaksanakan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran miniatur PLTMH terhadap kemampuan berpikir siswa kelas 6 SDN Karanganyar. Rendahnya kemampuan berpikir kritis menjadi latar belakang dalam penelitian ini. Media pembelajaran yang digunakan oleh guru kurang variatif, sehingga membuat siswa kesulitan dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis pada Tema 4 Subtema 1 Pembelajaran ke 1. Dalam penelitian ini metode yang digunakan yaitu eksperimen, dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi yang digunakan yaitu seluruh siswa kelas VI A dan B SDN Karanganyar, sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah seluruh populasi penelitian (sampling jenuh) yaitu kelas VI A dan B SDN Karanganyar sebanyak 44 orang siswa. Tes yang digunakan adalah pretest dan posttest, dan data yang dianalisis menggunakan SPSS 23. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan uji-t. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pada pretest dan posttest, hal ini dibuktikan dengan diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000. Sesuai dengan kaidah pengambilan keputusan, 0,000 < 0,05 maka H1 diterima dan H0 ditolak. Artinya, media pembelajaran miniatur PLTMH berpengaruh pada kemampuan berpikir kritis siswa kelas VI SDN Karanganyar. Selain itu, nilai ratarata pretest dan posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol pun terjadi perbedaan yang cukup signifikan setelah diberikan perlakuan. Pada nilai rata-rata pretest kelas eksperimen yaitu 42.77 dan kelas kontrol yaitu 42.95. Sedangkan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen yaitu 84.18 dan kelas kontrol yaitu 56.09. Terlihat ada perbedaan hasil antara kelas eksperimen dan kelas kontrol setelah diberikan perlakuan. Dengan demikian adanya pengaruh positif antara kelas eksperimen yang menggunakan media pembelajaran miniatur PLTMH dengan kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, Miniatur PLTMH, Kemampuan Berpikir Kritis | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar | |||||||||
Depositing User: | Tsani Karimah | |||||||||
Date Deposited: | 02 May 2023 06:53 | |||||||||
Last Modified: | 02 May 2023 06:53 | |||||||||
URI: | http://repository.umtas.ac.id/id/eprint/1315 |
Actions (login required)
View Item |