Novitasari, Aliffiah (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN LIGHT SQUARE PACKAGE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS 4 SD PADA MATERI ENERGI CAHAYA - (SKP.PGSD.0090). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya.
Text
Aliffiah Novitasari - COVER.pdf Download (24kB) |
|
Text
Aliffiah Novitasari - ABSTRAK.pdf Download (868kB) |
|
Text
Aliffiah Novitasari - BAB I.pdf Download (1MB) |
|
Text
Aliffiah Novitasari - BAB V.pdf Download (870kB) |
|
Text
Aliffiah Novitasari - DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (981kB) |
Abstract
Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di SD pada materi Energi Cahaya yaitu Sifat-Sifat Cahaya mengalami kendala yaitu siswa mengalami kesulitan untuk memahami materi Energi Cahaya karena kurangnya pengembangan media pembelajaran sehingga pencapaian nilai siswa pada materi Energi Cahaya dianggap belum maksimal. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Light Square Package yang dapat digunakan dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) pada materi Energi Cahaya yaitu Sifat-Sifat Cahaya sehingga mampu membantu tingkat pemahaman dan pencapaian siswa, serta mengefektifkan waktu dalam menjelaskan materi Energi Cahaya. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development yang dikemukakan oleh Borg and Gall. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Cibungkul kelas 5, SDN 1 Sukamaju kelas 5, dan SDN Sindangreret kelas 4. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, penyebaran angket responden, pretest dan posttest, validasi ke ahli media, ahli materi, dan ahli bahasa yang melibatkan para ahli, guru, dan siswa. teknik analisis data yang digunakan yaitu statistik deskriptif. Hasil validasi ahli media diperoleh persentase sebesar 97% dengan kategori ―Sangat Layak‖. Hasil validasi ahli materi diperoleh persentase sebesar 100% dengan kategori ―Sangat Layak‖. Hasil validasi ahli bahasa diperoleh persentase sebesar 100% dengan kategori ―Sangat Layak‖. Hasil uji coba kelompok kecil memperoleh skor rata-rata 35 dengan kelayakan persentase sebesar 100%, hasil uji coba kelompok besar memperoleh skor rata-rata 34,4 dengan kelayakan 98,28% dengan kategori ―Sangat Layak‖. Hasil penelitian dengan hitungan N-Gain score dapat diketahui bahwa di kelas eksperimenmendapatkan nilai rata-rata 94% termasuk kategori tafsiran ―efektif‖. Dengan nilai N-Gain score minimal 75% dan maksimal 100%. Berdasarkan hasil penelitian dengan hitungan N-Gain score dapat diketahui bahwa di kelas kontrol mendapatkan nilai rata-rata 66% termasuk kategori tafsiran ―cukup efektif‖. Dengan nilai N-Gain score minimal 40% dan maksimal 100%. Berdasarkan hasil penelitian, media pembelajaran Light Square Package dikatakan ―Sangat Layak‖ dan ―Efektif‖ pada pembelajaran IPA di SD dengan materi Energi Cahaya yaitu Sifat-Sifat Cahaya.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran Light Square Package, Energi Cahaya, Sifat-Sifat Cahaya | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar | |||||||||
Depositing User: | Tsani Karimah | |||||||||
Date Deposited: | 18 Nov 2022 04:14 | |||||||||
Last Modified: | 18 Nov 2022 04:14 | |||||||||
URI: | http://repository.umtas.ac.id/id/eprint/1132 |
Actions (login required)
View Item |