Nurlaila Wahidah Faujiah, - (2021) PENERAPAN METODE BELAJAR STEAM DENGAN BAHAN LOOSE PARTS UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI DI KAMPUNG CIGANDA, KECAMATAN BOJONG GAMBIR, KABUPATEN TASIKMALAYA - (SKP.PAUD 0019). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya.
Text
COVER.pdf Download (32kB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (928kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (897kB) |
||
Text
BAB V.pdf Download (749kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
||
|
Image
PENGESAHAN.jpg Download (145kB) | Preview |
Abstract
Dalam perkembangan pasar global sekarang ini, hampir 100% pekerjaan memerlukan kemampuan berpikir kritis dan mendengar aktif, 70% memerlukan pengetahuan matematika, dan 60% memerlukan kemampuan komunikasi dan bahasa reseptif. Pendidikan anak usia dini merupakan upaya pembinaan yang diberikan pada anak sejak lahir sampai dengan usia 6 (enam) tahun. Pendekatan yang berhubungan dengan STEAM bertujuan untuk memendorong anak membangun pengetahuan tentang dunia di sekeliling mereka melalui mengamati, menanya dan menyelidiki. Pengkombinasian Loose Parts pada pembelajaran ini menjadi suatu yang selaras karena dapat merangsang dan memunculkan sikap kreaktif dan inovatif dengan benda-benda sederhana yang digunakan sebagai media pembelajaran. Penelitian ini dilakukan di kampung Ciganda setelah melakukan observasi ditemukan bahwa di kampung ini kreativitas anak belum berkembang dan perlu diterapkannya metode baru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) kreativitas Anak sebelum menerapkan metode belajar STEAM dengan bahan loose parts. (2) kreativitas Anak setelah diterapkan metode belajar STEAM yang digabungkan dengan bahan loose parts terhadap kreativitas Anak Usia Dini. (3) Kendala yang ditemukan ketika menerapkan metode ini. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif, yang sering disebut penelitian naturalistic karena penelitiannya dilakukan pada kondisi alamiah (natural setting). Dan menggunakan metode praeksperimen (Pre-Eksperimental) yang merupakan penelitian sistematis untuk menguji hipotesis hubungan sebab-akibat. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain Satu Kelompok Pretes-Posttes (One Group PretestPosttest). Penelitian ini membuahkan hasil bahwa kreativitas anak usia dini di kampung Ciganda sebelum menggunakan metode belajar steam dengan bahan loose part belum muncul sedangkan setelah menggunakan metode steam dengan bahan loose part kreativitas mereka mulai muncul. Namun kendala yang ditemukan dari menerapkan metode ini adalah seorang guru harus lebih bersabar untuk mengarahkan mereka menggunakan bahan loose part nya juga waktu dalam proses pembelajaran akan lebih lama dari biasanya.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Metode Belajar, Steam, Loose Parts, Kreativitas, Anak Usia Dini | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru Anak Usia Dini | |||||||||
Depositing User: | Tsani Karimah | |||||||||
Date Deposited: | 20 May 2022 08:27 | |||||||||
Last Modified: | 24 May 2023 08:06 | |||||||||
URI: | http://repository.umtas.ac.id/id/eprint/1008 |
Actions (login required)
View Item |