Nurohmah Badriyah, - (2020) GAMBARAN PENGETAHUAN PENDERITA DIABETES MELLITUS TENTANG PENCEGAHAN KOMPLIKASI - (SKP 1030). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya.
Text
ABSTRAK.pdf Download (131kB) |
|
Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (159kB) |
|
Text
BAB VII KESIMPULAN DAN SARAN.pdf Download (88kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (177kB) |
Abstract
Di Indonesia angka kejadian diabetes mellitus terus mengalami peningkatan yang menjadi salah satu ancaman serius bagi perkembangan kesehatan. Penyakit diabetes mellitus yang tidak ditangani dengan baik dan tepat dapat menimbulkan berbagai macam komplikasi. Pengetahuan merupakan faktor yang penting dimiliki oleh penderita diabetes mellitus dalam melakukan gaya hidup sehat untuk mengendalikan kadar gula darah agar tidak terjadi komplikasi. Tujuan literature review ini adalah untuk mengetahui gambaran pengetahuan penderita diabetes mellitus tentang pencegahan komplikasi Desain penelitian ini menggunakan metode literature review. Penelusuran artikel dilakukan dengan dengan menggunakan search engine google scholar dan e-resources perpusnas, terdiri dari 52 populasi didapat 10 jurnal full text yang sesuai kriteria inklusi. Hasil menunjukkan rata-rata penderita diabetes mellitus memiliki pengetahuan yang cukup. Pengetahuan didapatkan dari pendidikan kesehatan yang dilakukan oleh petugas kesehatan dan media informasi. Diharapkan literature review ini dapat menjadi referensi bagi penelitian selanjutnya terkait pengetahuan penderita diabetes mellitus tentang pencegahan komplikasi.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Diabetes Mellitus, Pencegahan Komplikasi, Pengetahuan. | |||||||||
Divisions: | Fakultas Ilmu Kesehatan > S1 Keperawatan | |||||||||
Depositing User: | Tsani Karimah | |||||||||
Date Deposited: | 08 Sep 2021 03:06 | |||||||||
Last Modified: | 19 May 2023 02:23 | |||||||||
URI: | http://repository.umtas.ac.id/id/eprint/522 |
Actions (login required)
View Item |