PENGARUH MODEL CREATIVE PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG KELAS V SDN CIBUNGKUL - (SKP.PGSD.0056)

Wina Oktapiana, - (2020) PENGARUH MODEL CREATIVE PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG KELAS V SDN CIBUNGKUL - (SKP.PGSD.0056). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (493kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (647kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (494kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (680kB)

Abstract

Peran tenaga pendidik dan metode belajar di sekolah menjadi sesuatu yang penting dalam mensukseskan kegiatan belajar mengajar (KBM), terutama pada sekolah dasar. Oleh karenanya, dalam penelitian ini model Creative Problem Solving (CPS) digunakan untuk mengetahui pengaruh dan implikasinya terhadap kemampuan berpikir logis dan pemecahan masalah matematika pada peserta didik kelas V di SDN Cibungkul. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan adalah one group pre testpost test. Objek penelitian ini adalah peserta didik kelas V yang dibagi menjadi kelas kontrol dan kelas eksperimen. Model CPS digunakan sebagai treatment pada kelas eksperimen. Teknik sampling jenuh digunakan karena semua anggota populasi berperan sebagai sampel penelitian dengan jumlah anggota sampel 35 orang dalam satu rombongan belajar. Instrumen penelitian menggunakan soal pretest dan post-test menggunakan tipe soal esai. Hasil penelitian menunjukan model CPS memiliki pengaruh terhadap kemampuan berpikir logis dan kemampuan pemecahan masalah matematika pada peserta didik kelas V SDN Cibungkul dengan adanya peningkatan hasil tes akhir. Implikasi penelitian adalah meningkatnya kualitas pembelajaran di sekolah, terutama dalam mata pelajaran Matematika sehingga peserta didik mampu berpikir logis dan mampu memecahkan permasalah matematika.

[error in script]
Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN
Thesis advisorBudi Hendrawan, -NIDN0421068603
Thesis advisorRahmat Permana, -NIDN0429018902
Uncontrolled Keywords: Creative Problem Solving (CPS), berpikir logis, pemecahan masalah Matematika.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Tsani Karimah
Date Deposited: 30 Jun 2021 02:54
Last Modified: 19 May 2023 04:30
URI: http://repository.umtas.ac.id/id/eprint/347

Actions (login required)

View Item View Item