PENGARUH PENGGUNAAN METODE LATTICE TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DALAM MATERI OPERASI HITUNG PERKALIAN DI KELAS III SDN SUKASARI - (SKP.PGSD.0033)

Dede Suyanti, - (2020) PENGARUH PENGGUNAAN METODE LATTICE TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DALAM MATERI OPERASI HITUNG PERKALIAN DI KELAS III SDN SUKASARI - (SKP.PGSD.0033). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (436kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (512kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (591kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (596kB)

Abstract

Dalam pembelajaran matematika di kelas III SDN Sukasari pemahaman siswa masih kurang terutama dalam menyelesaikan operasi hitung perkalian, sehingga prestasi belajar siswa masih rendah. Berdasarkan wawancara dengan guru kelas III SDN Sukasari, hal ini disebabkan karena metode pembelajaran yang digunakan dalam menyelesaikan operasi perkalian masih menggunakan metode konvensional. Berdasarkan hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode lattice terhadap prestasi belajar matematika dalam materi operasi hitung perkalian di kelas III SDN Sukasari. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimental dengan desain Nonequivalent Control Grup Design. Populasi yang digunakan adalah siswa kelas III SDN Sukasari yang berjumlah 31 siswa. Sampel yang digunakan sampling jenuh dengan teknik sampling sistematis yang menghasilkan 16 siswa kelas eksperimen dan 15 siswa kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes dengan soal essay (uraian). Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh bahwa terdapat pengaruh penggunaan metode lattice terhadap prestasi belajar dalam materi operasi hitung perkalian di kelas III SDN Sukasari. Hal ini terlihat dari perbedaan hasil nilai rata-rata post-test kelas eksperimen yaitu 89,38 sedangkan kelas kontrol 72,27. Dalam uji hipotesis dilakukan dengan uji Independent Sample T-Test yang diperoleh nilai signifikansi (2-tailed) 0,000 < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Hal ini menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil post-test kelas eksperimen yang menggunakan metode lattice dengan kelas kontrol yang tanpa menggunakan metode lattice (metode konvensional).

[error in script]
Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN
Thesis advisorBudi Hendrawan, -NIDN0421068603
Thesis advisorAnggia Suci Pratiwi, -NIDN0023018703
Uncontrolled Keywords: Metode Lattice, Operasi Perkalian, Prestasi Belajar Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Tsani Karimah
Date Deposited: 24 Jun 2021 02:02
Last Modified: 25 May 2023 06:55
URI: http://repository.umtas.ac.id/id/eprint/325

Actions (login required)

View Item View Item