PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN KOKAMI (KOTAK KARTU MISTERIUS) TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI MENGAPRESIASI MUSIK DAERAH DI KELAS VI SDN II PAMOKOLAN - (SKP.PGSD.0023)

Shinta Kefanenda, - (2019) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN KOKAMI (KOTAK KARTU MISTERIUS) TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI MENGAPRESIASI MUSIK DAERAH DI KELAS VI SDN II PAMOKOLAN - (SKP.PGSD.0023). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya.

[img] Text
ABSTRAK SHINTA.pdf

Download (589kB)
[img] Text
BAB I SHINTA.pdf

Download (602kB)
[img] Text
BAB V SHINTA.pdf

Download (671kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA SHINTA.pdf

Download (670kB)

Abstract

Media pembelajaran adalah suatu sarana penyampaian informasi yang dipergunakan agar mencapai tujuan pembelajaran yang dapat merangsang pikiran, perasaan dan kemauan peserta didik sehingga dapat mendorong terciptanya proses belajar yang pelaksanaanya terkendali. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media Kokami (Kotak Kartu Misterius) terhadap Prestasi Belajar Siswa pada materi mengapresiasi musik daerah di Kelas VI SDN II Pamokolan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuasi-eksperimental dengan desain kelompok kontrol nonequivalent. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VI SDN II Pamokolan sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh populasi penelitian, 38 siswa yang terdiri dari 21 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes dalam bentuk pertanyaan pilihan ganda dan instrumen non-tes dalam bentuk dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh penggunaan media Kokami (Kotak Kartu Misterius) terhadap prestasi belajar siswa kelas VI di SDN II Pamokolan. Hal ini terlihat dari nilai rata-rata posttest antara kedua kelas yaitu dengan perolehan rata-rata kelas eksperimen 78.42 dan rata-rata kelas kontrol sebesar 68.16. Uji hipotesis pada data posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol memperoleh nilai sig (2-tailed) adalah 0,001. Ini menunjukkan bahwa nilai probabilitas lebih kecil daripada taraf signifikansi (0,001<0,005). Sehingga Ho ditolak dan Ha diterima.

[error in script]
Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN
Thesis advisorMohammad Fahmi Nugraha, -NIDN0017039001
Thesis advisorBudi Hendrawan, -NIDN0421068603
Uncontrolled Keywords: Media Kokami, Prestasi Belajar, Mengapresiasi Musik Daerah
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Tsani Karimah
Date Deposited: 23 Mar 2021 17:20
Last Modified: 25 May 2023 04:34
URI: http://repository.umtas.ac.id/id/eprint/227

Actions (login required)

View Item View Item