PENGARUH METODE PEMBELAJARAN PLAY-TEACH-PLAY TERHADAP LETERAMPILAN GERAK DASAR SISWA KELAS III SD NEGERI BIRU KECAMATAN BANTARKALONG KABUPATEN TASIKMALAYA TAHUN AJARAN 2018/2019 - (SKP.PGSD 0010)

Eva Nuryanti, - (2019) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN PLAY-TEACH-PLAY TERHADAP LETERAMPILAN GERAK DASAR SISWA KELAS III SD NEGERI BIRU KECAMATAN BANTARKALONG KABUPATEN TASIKMALAYA TAHUN AJARAN 2018/2019 - (SKP.PGSD 0010). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya.

[img] Text
ABSTRAK EVA.pdf

Download (526kB)
[img] Text
BAB I EVA.pdf

Download (703kB)
[img] Text
BAB V EVA.pdf

Download (694kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA EVA.pdf

Download (686kB)

Abstract

Penelitian ini dilandasi oleh menurunnya kesadaran pentingnya bergerak aktif dan terarah sebagaimana mestinya. Siswa kelas III SD Negeri Biru Kecamatan Bantarkalong masih kurang menyadari pentingnya bergerak aktif dan menguasai keterampilan gerak dasar. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penerapan metode pembelajaran play-teach-play terhadap keterampilan gerak dasar pada siswa kelas III SD Negeri Biru Kecamatan Bantarkalong Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2018-2019 melalui penerapan metode pembelajaran play-teach-play dan mengetahui bagaimana pengaruhnya terhadap keterampilan gerak dasar siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design, sedangkan teknik penelitian yang digunakan adalah teknik wawancara tidak terstruktur dan teknik tes praktik menggunakan test of gross motor development-2 (TGMD-2) dengan populasi seluruh siswa kelas III berjumlah 30 orang dan 20 orang siswa dijadikan sebagai sampel penelitian yang dibentuk dalam kelas eksperimen dan sisanya 10 orang siswa adalah kelas kontrol yang diambil dengan teknik random sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan pada pembelajaran gerak dasar dalam mata pelajaran pendidikan jasmani melalui metode pembelajaran play-teach-play terhadap peningkatan keterampilan gerak dasar siswa kelas III SD Negeri Biru Kecamatan Bantrakalong Kabupaten Tasikmalaya, hasil posttes kelas eksperimen menunjukkan nilai thitung sebesar 6,047, sedangkan pada taraf signifikansi ɑ = 0,05 (dk=28) diperoleh nilai ttabel sebesar 2,048. Karena thitung > ttabel (6,047 > 2,048), Selain itu, hasil perhitungan diperoleh nilai signifikansi two tailed test sebesar 0,000 < 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak, artinya pembelajaran gerak dasar dalam mata pelajaran pendidikan jasmani melalui metode pembelajaran play-teach-play memberikan pengaruh terhadap peningkatan keterampilan gerak dasar siswa kelas III SD Negeri Biru Kecamatan Bantrakalong Kabupaten Tasikmalaya tahun ajaran 2018-2019.

[error in script]
Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN
Thesis advisorMohammad Fahmi Nugraha, -NIDN0017039001
Thesis advisorRahmat Permana, -NIDN0429018902
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran play-teach-play, keterampilan gerak dasar.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Tsani Karimah
Date Deposited: 21 Mar 2021 18:46
Last Modified: 23 May 2023 08:18
URI: http://repository.umtas.ac.id/id/eprint/214

Actions (login required)

View Item View Item