PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TAKE AND GIVE TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATERI PANAS DAN PERPINDAHANNYA DI SDN JAYARAGA - (SKP.PGSD 0019)

Annisa Anastasya, - (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TAKE AND GIVE TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATERI PANAS DAN PERPINDAHANNYA DI SDN JAYARAGA - (SKP.PGSD 0019). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya.

[img] Text
ABSTRAK ANNISA.pdf

Download (535kB)
[img] Text
BAB 1 ANNISA.pdf

Download (519kB)
[img] Text
BAB 5 annisa.pdf

Download (601kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA ANNISA.pdf

Download (417kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya prestasi belajar siswa pada pembelajaran IPA dengan materi panas dan perpindahannya, disebabkan pembelajaran IPA yang dipelajari di sekolah masih banyak dilaksanakan secara konvensional melalui kegiatan yang dominan mencatat, menghafal, dan menerima intruksi guru. Pembelajaran yang demikian dapat menurunkan prestasi belajar siswa terhadap proses pembelajaran IPA. Model pembelajaran take and give merupakan salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan agar pembelajaran menjadi lebih efektif, menyenangkan dan sesuai dengan karakteristik pendidikan IPA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran take and give terhadap prestasi belajar siswa kelas V tentang materi panas dan perpindahannya di SDN Jayaraga. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VA dan kelas V-B SDN Jayaraga Kec. Leuwisari Kab. Tasikmalaya. Instrumen yang digunakan adalah wawancara, observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara prestasi belajar siswa kelas eksperimen yang memiliki rata-rata skor 88,14 dengan prestasi belajar siswa kelas kontrol yang memiliki rata-rata skor 68,15. Prestasi belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran take and give lebih baik dari pembelajaran konvensional, dapat dilihat dari rata-rata skor gain kelas eksperimen sebesar 0,7371 dan rata-rata skor gain kelas kontrol sebesar 0,3481. Sejalan dengan prestasi belajar siswa kelas eksperimen dengan model pembelajaran take and give juga lebih baik dari siswa di kelas kontrol dengan menggunakan model konvensional. Hal ini menandakan terdapat pengaruh dari model pembelajaran take and give terhadap prestasi belajar siswa kelas V pada materi panas dan perpindahannya di SDN Jayaraga.

[error in script]
Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN
Thesis advisorMeiliana Nurfitriani, -NIDN0405058903
Thesis advisorYopa Taufik Saleh, -NIDN0423068704
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Take and Give, Prestasi Belajar Siswa, Pembelajaran IPA.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Tsani Karimah
Date Deposited: 21 Mar 2021 15:15
Last Modified: 23 May 2023 02:19
URI: http://repository.umtas.ac.id/id/eprint/210

Actions (login required)

View Item View Item