Annisa Anastasya, - (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TAKE AND GIVE TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATERI PANAS DAN PERPINDAHANNYA DI SDN JAYARAGA - (SKP.PGSD 0019). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya.
Text
ABSTRAK ANNISA.pdf Download (535kB) |
|
Text
BAB 1 ANNISA.pdf Download (519kB) |
|
Text
BAB 5 annisa.pdf Download (601kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA ANNISA.pdf Download (417kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya prestasi belajar siswa pada pembelajaran IPA dengan materi panas dan perpindahannya, disebabkan pembelajaran IPA yang dipelajari di sekolah masih banyak dilaksanakan secara konvensional melalui kegiatan yang dominan mencatat, menghafal, dan menerima intruksi guru. Pembelajaran yang demikian dapat menurunkan prestasi belajar siswa terhadap proses pembelajaran IPA. Model pembelajaran take and give merupakan salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan agar pembelajaran menjadi lebih efektif, menyenangkan dan sesuai dengan karakteristik pendidikan IPA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran take and give terhadap prestasi belajar siswa kelas V tentang materi panas dan perpindahannya di SDN Jayaraga. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VA dan kelas V-B SDN Jayaraga Kec. Leuwisari Kab. Tasikmalaya. Instrumen yang digunakan adalah wawancara, observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara prestasi belajar siswa kelas eksperimen yang memiliki rata-rata skor 88,14 dengan prestasi belajar siswa kelas kontrol yang memiliki rata-rata skor 68,15. Prestasi belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran take and give lebih baik dari pembelajaran konvensional, dapat dilihat dari rata-rata skor gain kelas eksperimen sebesar 0,7371 dan rata-rata skor gain kelas kontrol sebesar 0,3481. Sejalan dengan prestasi belajar siswa kelas eksperimen dengan model pembelajaran take and give juga lebih baik dari siswa di kelas kontrol dengan menggunakan model konvensional. Hal ini menandakan terdapat pengaruh dari model pembelajaran take and give terhadap prestasi belajar siswa kelas V pada materi panas dan perpindahannya di SDN Jayaraga.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Take and Give, Prestasi Belajar Siswa, Pembelajaran IPA. | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar | |||||||||
Depositing User: | Tsani Karimah | |||||||||
Date Deposited: | 21 Mar 2021 15:15 | |||||||||
Last Modified: | 23 May 2023 02:19 | |||||||||
URI: | http://repository.umtas.ac.id/id/eprint/210 |
Actions (login required)
View Item |