MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK MELALUI PERMAINAN BALOK CUISENAIRE DI KELOMPOK B KOBER NURUL FUADAH - (SKP.PAUD 0006)

Gina Nurazizah Mukhlis, - (2019) MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK MELALUI PERMAINAN BALOK CUISENAIRE DI KELOMPOK B KOBER NURUL FUADAH - (SKP.PAUD 0006). Skripsi thesis, universitas Muhammadiyah Tasikmalaya.

[img] Text
COVER GINA NURAZIZAH.pdf

Download (98kB)
[img] Text
ABSTRAK GINA NURAZIZAH.pdf

Download (500kB)
[img] Text
BAB I GINA NURAZIZAH.pdf

Download (603kB)
[img] Text
BAB V GINA NURAZIZAH.pdf

Download (495kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA GINA NURAZIZAH.pdf

Download (485kB)
[img] Text
Lembar Persetujuan.pdf

Download (479kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berhitung anak dengan permainan balok cuisenaire pada anak kelompok B Kober Nurul Fuadah Tasikmalaya. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari siklus dengan tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian dilaksanakan pada semester I tahun ajaran 2019/2020. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan wawancara. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Peningkatan kemampuan berhitung anak dikatakan berhasil apabila semua anak kelompok B dapat menunjukkan kemampuan berhitung dengan kriteria baik 80%. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa melalui penggunaan balok cuisenaire dapat meningkatkan kemampuan berhitung anak kelompok B Kober Nurul Fuadah. Peningkatan hasil sebelum tindakan 11,11% pada kriteria cukup baik, kemudian peningkatan hasil dari siklus I sebesar 77,77% dalam kriteria cukup baik dan siklus II sebesar 88,89%. Proses peningkatan terlihat pada saat dilakukan tindakan siklus I dan siklus II dengan langkah-langkah kegiatan membilang dengan balok cuisenaire sebagai berikut : 1) Guru memperkenalkan balok cuisenaire kepada anak, 2) Guru mengajak anak menghitung bersama-sama jumlah balok pada masing-masing ruas, 3) Anak diminta untuk menunjukkan dan menghitung jumlah balok sesuai dengan angka yang disebutkan oleh guru, 4) Guru memperkenalkan lambang bilangan pada anak, 5) Anak diminta untuk mengurutkan balok-balok dari ruas balok satu hingga sepuluh, 6) Anak diminta mencari dan menghubungkan banyaknya balok dengan lambang bilangannya.

[error in script]
Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN
Thesis advisorRikha Surtika Dewi, -NIDN0011048404
Thesis advisorElfan Fanhas Fatwa Khomaeny, -NIDN0425098003
Uncontrolled Keywords: Kemampuan berhitung, balok Cuisenaire, PTK
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Tsani Karimah
Date Deposited: 18 Mar 2021 04:39
Last Modified: 24 May 2023 07:21
URI: http://repository.umtas.ac.id/id/eprint/204

Actions (login required)

View Item View Item