PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PAPAN SELIP BERGAMBAR PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI KOSAKATA KERAGAMAN BENDA UNTUK ANAK SLOW LEARNER KELAS II SEKOLAH DASAR

Rani Nurhidayah, - (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PAPAN SELIP BERGAMBAR PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI KOSAKATA KERAGAMAN BENDA UNTUK ANAK SLOW LEARNER KELAS II SEKOLAH DASAR. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya.

[img] Text
Rani Nurhidayah - COVER.pdf

Download (101kB)
[img] Text
Rani Nurhidayah - ABSTRAK.pdf

Download (849kB)
[img] Text
Rani Nurhidayah - BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Rani Nurhidayah - BAB V.pdf

Download (961kB)
[img] Text
Rani Nurhidayah - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dilaksanakan penelitian ini yaitu untuk mengembangkan media= pembelajaran papan selip bergambar pada mata pelajaran bahasa Indonesia materi kosakata keragaman benda untuk anak slow /earner kelas 2 Sekolah Dasar. Banyak siswa yang mengalami kelambatan belajar dan rendahnya kemampuan membaca menjadi latar belakang penclitian. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D yang terdiri dari 4 tahapan pengembangan yaitu: Pendefinisian, perancangan, pengembangan dan penyebaran. Populasi yang digunakan adalah siswa kelas 2 SDN 2 Urug, SDN I Urug. SDN 3 Setiamulya dan sampel yang diambil dalam penclitian ini adalah kelas 2 SDN 2 Urug sebanyak 9 siswa. Teknik analisis data yang digunakan observasi, wawancara, angket, dan tes. Hasil uji coba pengembangan melalui dua tahapan yaitu uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar. Dengan hasil uji coba kelompok kecil mencapai 94% dengan kriteria sangat layak, dan uji kelompok besar mencapai 91% dengan kriteria sangat layak. Media yang dikembangkan divalidasi oleh tim ahli. Hasil validasi ahli materi 100% dengan kriteria sangat layak, hasil validasi ahli media 96% dengan kriteria sangat layak dan hasil validasi ahli bahasa 96% dengan kriteria sangat layak. Tahap keefektifan media papan selip bergambar dalam pembelajaran memperoleh rata-rata skor N-gain 0,76 dengan kategori tafsiran ""Efektif". Maka dapat dinyatakan bahwa media papan selip bergambar pada mata pelajaran bahasa Indonesia layak dan efektif digunakan pada mata pelajaran bahasa Indonesia materi kosakata keragaman benda.

[error in script]
Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN
Thesis advisorAnggia Suci Pratiwi, -NIDN0023018703
Thesis advisorMeiliana Nurfitriani, -NIDN0405058903
Additional Information: Hardcopy: SKP.PGSD.0137
Uncontrolled Keywords: Slow learner, Media Papan Selip Bergambar, Kosakata
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Tsani Karimah
Date Deposited: 06 Feb 2024 01:44
Last Modified: 06 Feb 2024 01:44
URI: http://repository.umtas.ac.id/id/eprint/1806

Actions (login required)

View Item View Item