PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN MINIATUR KINCIR AIR TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS VI MATERI PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA AIR DI SDN I CIBANTENG

Melisa Anzani, - (2023) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN MINIATUR KINCIR AIR TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS VI MATERI PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA AIR DI SDN I CIBANTENG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya.

[img] Text
Melisa Anzani - COVER.pdf

Download (17kB)
[img] Text
Melisa Anzani - ABSTRAK.pdf

Download (771kB)
[img] Text
Melisa Anzani - BAB I.pdf

Download (856kB)
[img] Text
Melisa Anzani - BAB V.pdf

Download (814kB)
[img] Text
Melisa Anzani - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (903kB)

Abstract

Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar (SD) masih mengalami permasalahan diantaranya yaitu, kurangnya pemahaman siswa pada materi Pembangkit Listrik Tenaga Air, rendahnya hasil belajar siswa, kurangnya penggunaan media pembelajaran, serta guru mengalami keterbatasan dan hambatan dalam pembuatan media yang berhubungan dengan materi yang akan disampaikan kepada siswa. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran miniatur kincir air terhadap hasil belajar IPA kelas VI materi pembangkit listrik tenaga air di SDN 1 Cibanteng. Dalam penelitian ini menggunakan metode Quasi Experimental Design dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Dimana dalam desain ini populasi dibagi kedalam dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelompok eksperimen merupakan kelompok yang diberi perlakuan dengan menggunakan media pembelajaran miniatur kincir air, sedangkan kelompok kontrol merupakan kelompok yang menggunakan pembelajaran konvensional. Populasi yang digunakan adalah siswa kelas VI SDN I Cibanteng yang berjumlah 22 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes, wawancara, dokumentasi, serta pemberian tes berupa pretest dan posttest. Teknik analisis data dengan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh adanya perbedaan rata-rata pretest-posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen mendapatkan skor rata-rata pretest sejumlah 45 dan skor posttest sejumlah 84,55, sementara pada kelas kontrol diperoleh skor rata-rata pretest sejumlah 35,91 dan skor posttest sejumlah 65,45. Uji hipotesis dengan memanfaatkan rumus Paired Sample T-Test mendapatkan nilai sig (2-tailed) sejumlah 0,000 < 0,05, ini berarti bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga didapatkan kesimpulan yaitu terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran miniatur kincir air terhadap hasil belajar IPA pada materi Pembangkit Listrik Tenaga Air.

[error in script]
Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN
Thesis advisorRahmat Permana, -NIDN0429018902
Thesis advisorBudi Hendrawan, -NIDN0421068603
Additional Information: Hardcopy: SKP.PGSD.0127
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Miniatur Kincir Air, Hasil Belajar IPA.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Tsani Karimah
Date Deposited: 02 Feb 2024 02:28
Last Modified: 02 Feb 2024 02:28
URI: http://repository.umtas.ac.id/id/eprint/1796

Actions (login required)

View Item View Item