Eneng Sipa, - (2023) HUBUNGAN VERBAL BULLYING DENGAN KECERDASAN INTERPERSONAL SISWA KELAS TINGGI SD MUHAMMADIYAH TASIKMALAYA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya.
Text
Eneng Sipa - COVER.pdf Download (187kB) |
|
Text
Eneng Sipa - ABSTRAK.pdf Download (929kB) |
|
Text
Eneng Sipa - BAB I.pdf Download (1MB) |
|
Text
Eneng Sipa - BAB V.pdf Download (1MB) |
|
Text
Eneng Sipa - DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
Abstract
Kurangnya kecerdasan interpersonal dapat menyebabkan seseorang untuk bertingkah laku yang menyimpang secara sosial. Akibat dari rendahnya kecerdasan interpersonal dapat menyebabkan anak melakukan verbal bullying. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan verbal bullying dengan kecerdasan interpersonal siswa kelas tinggi di kota Tasikmalaya tahun ajaran 2022/2023 Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelilitian korelasional, populasi penelitian yang diguanakan adalah seluruh siswa kelas tinggi di dua sekolah yang berada di kota Tasikmalaya yaitu SD Negeri 2 Gobras dan SD Muhammadiyah Tasikmalaya yang berjumlah 132 siswa dan sempel mengunakan simple Random Slampling yaitu SD Muhammadiyah Tasikmlaya dengan jumlah 46 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hubungan Verbal Bullying dengan kecerdasan interpersonal siswa mengunakan instrumen kuesioner model skala likret. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan yang signifikan anatara verbal bullying dengan kecerdasan interpersonal siswa kelas tinggi SD Muhammadiyah Tasikmalaya. Terbukti dari hasil analisis korelasi antara verbal bullying dengan kecerdasan interpersonal diperoleh nilai korelasi -0,132. Ini berarti terdapat hubungan negatif antara verbal bullying dengan kecerdasan interpersonal siswa. Maka dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi verbal bullying maka semakin rendah pula kecerdasan intetpersonal siswa begitupun sebaliknya semakin rendah verbal bullying maka akan semakin tinggi kecerdasan interpersonal siswa. Kurangnya kecerdasan interpersonal dapat menyebabkan seseorang untuk bertingkah laku yang menyimpang secara sosial. Akibat dari rendahnya kecerdasan interpersonal dapat menyebabkan anak melakukan verbal bullying. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan verbal bullying dengan kecerdasan interpersonal siswa kelas tinggi di kota Tasikmalaya tahun ajaran 2022/2023 Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelilitian korelasional, populasi penelitian yang diguanakan adalah seluruh siswa kelas tinggi di dua sekolah yang berada di kota Tasikmalaya yaitu SD Negeri 2 Gobras dan SD Muhammadiyah Tasikmalaya yang berjumlah 132 siswa dan sempel mengunakan simple Random Slampling yaitu SD Muhammadiyah Tasikmlaya dengan jumlah 46 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hubungan Verbal Bullying dengan kecerdasan interpersonal siswa mengunakan instrumen kuesioner model skala likret. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan yang signifikan anatara verbal bullying dengan kecerdasan interpersonal siswa kelas tinggi SD Muhammadiyah Tasikmalaya. Terbukti dari hasil analisis korelasi antara verbal bullying dengan kecerdasan interpersonal diperoleh nilai korelasi -0,132. Ini berarti terdapat hubungan negatif antara verbal bullying dengan kecerdasan interpersonal siswa. Maka dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi verbal bullying maka semakin rendah pula kecerdasan intetpersonal siswa begitupun sebaliknya semakin rendah verbal bullying maka akan semakin tinggi kecerdasan interpersonal siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Additional Information: | Hardcopy: SKP.PGSD.0121 | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Verbal Bullying, Kecerdasan Interpersonal. Siswa Kelas Tinggi | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar | |||||||||
Depositing User: | Tsani Karimah | |||||||||
Date Deposited: | 29 Jan 2024 08:08 | |||||||||
Last Modified: | 29 Jan 2024 08:08 | |||||||||
URI: | http://repository.umtas.ac.id/id/eprint/1790 |
Actions (login required)
View Item |