Eni Susilawati, - (2023) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN AMAZING GEOMETRY AUGMENT (AGAR) BERBANTUAN LKS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI BANGUN RUANG KELAS 5 DI SDN 2 BENDA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya.
Text
Eni Susilawati - COVER.pdf Download (29kB) |
|
Text
Eni Susilawati - ABSTRAK.pdf Download (752kB) |
|
Text
Eni Susilawati - BAB I.pdf Download (892kB) |
|
Text
Eni Susilawati - BAB V.pdf Download (755kB) |
|
Text
Eni Susilawati - DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (940kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran Amazing Geometry Augment (AGAR) berbantuan LKS terhadap hasil belajar matematika pada materi bangun ruang kelas V di SDN 2 Benda. Masalah pada penelitian ini ialah hasil belajar matematika siswa pada materi bangun ruang yang masih rendah. Hal tersebut karena kurangnya media yang bervariatif dan pembelajaran masih secara konvensioanl sehinga transfer pengetahuan antara guru dengan siswa menjadi kurang dipahami dan berminat pada pebelajaran yang disampaikan. Dikarenakan kurang berminatnya siswa pada suatu pembelajaran pada akhirnya berpengaruh pada hasil belajarnya. Metode pada penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain Nonequevalen Control Group Design, yang dilaksanakan di SDN 2 Benda Kota Tasikmalaya. Populasi dan sampel yang terdiri dari kelas V yang berjumlah 36 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan dokumentasi. Data yang telah diperoleh kemudian dianalisis menggunakan uji statistik yang tediri dari uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis (uji-t). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan pada hasil pretest dan posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan nilai rata-rata pretest kelas eksperimen yaitu 41,8 dan kelas kontrol yaitu 32,8. Sedangkan ratarata posttest kelas eksperimen sebesar 85,8 dan kelas kontrol sebesar 73,8. Terlihat ada perbedaan hasil antara kelas eksperimen dan kelas kontrol setelah diberikan perlakuan. Selain itu hasil analisis data yang diperoleh pada penelitian ini berdistribusi normal dan homogen dengan taraf signifikansi normalitas data 0,200 > 0,05, taraf signifikansi homogenitas data yaitu 0,206 > 0,05. Pengujian hipotesis menggunakan uji Independen Sample Test (Uji- t) diperoleh signifikansi (2-tailed) 0,001 < 0,05 menunjukan bahwa terdapat pengaruh media pembelajaran Amazing Geometry Augment (AGAR) berbantuan LKS terhadap hasil belajar matematika materi bangun ruang kelas 5 di SDN 2 Benda.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Additional Information: | Hardcopy: SKP.PGSD.0109 | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Amazing Geometry Augment, Hasil Belajar, Media Pembelajaran | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar | |||||||||
Depositing User: | Tsani Karimah | |||||||||
Date Deposited: | 23 Jan 2024 08:52 | |||||||||
Last Modified: | 23 Jan 2024 08:52 | |||||||||
URI: | http://repository.umtas.ac.id/id/eprint/1778 |
Actions (login required)
View Item |