PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN AMAZING GEOMETRY AUGMENT (AGAR) BERBANTUAN LKS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI BANGUN RUANG KELAS 5 DI SDN 2 BENDA

Eni Susilawati, - (2023) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN AMAZING GEOMETRY AUGMENT (AGAR) BERBANTUAN LKS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI BANGUN RUANG KELAS 5 DI SDN 2 BENDA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya.

[img] Text
Eni Susilawati - COVER.pdf

Download (29kB)
[img] Text
Eni Susilawati - ABSTRAK.pdf

Download (752kB)
[img] Text
Eni Susilawati - BAB I.pdf

Download (892kB)
[img] Text
Eni Susilawati - BAB V.pdf

Download (755kB)
[img] Text
Eni Susilawati - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (940kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran Amazing Geometry Augment (AGAR) berbantuan LKS terhadap hasil belajar matematika pada materi bangun ruang kelas V di SDN 2 Benda. Masalah pada penelitian ini ialah hasil belajar matematika siswa pada materi bangun ruang yang masih rendah. Hal tersebut karena kurangnya media yang bervariatif dan pembelajaran masih secara konvensioanl sehinga transfer pengetahuan antara guru dengan siswa menjadi kurang dipahami dan berminat pada pebelajaran yang disampaikan. Dikarenakan kurang berminatnya siswa pada suatu pembelajaran pada akhirnya berpengaruh pada hasil belajarnya. Metode pada penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain Nonequevalen Control Group Design, yang dilaksanakan di SDN 2 Benda Kota Tasikmalaya. Populasi dan sampel yang terdiri dari kelas V yang berjumlah 36 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan dokumentasi. Data yang telah diperoleh kemudian dianalisis menggunakan uji statistik yang tediri dari uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis (uji-t). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan pada hasil pretest dan posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan nilai rata-rata pretest kelas eksperimen yaitu 41,8 dan kelas kontrol yaitu 32,8. Sedangkan ratarata posttest kelas eksperimen sebesar 85,8 dan kelas kontrol sebesar 73,8. Terlihat ada perbedaan hasil antara kelas eksperimen dan kelas kontrol setelah diberikan perlakuan. Selain itu hasil analisis data yang diperoleh pada penelitian ini berdistribusi normal dan homogen dengan taraf signifikansi normalitas data 0,200 > 0,05, taraf signifikansi homogenitas data yaitu 0,206 > 0,05. Pengujian hipotesis menggunakan uji Independen Sample Test (Uji- t) diperoleh signifikansi (2-tailed) 0,001 < 0,05 menunjukan bahwa terdapat pengaruh media pembelajaran Amazing Geometry Augment (AGAR) berbantuan LKS terhadap hasil belajar matematika materi bangun ruang kelas 5 di SDN 2 Benda.

[error in script]
Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN
Thesis advisorRahmat Permana, -NIDN0429018902
Thesis advisorBudi Hendrawan, -NIDN0421068603
Additional Information: Hardcopy: SKP.PGSD.0109
Uncontrolled Keywords: Amazing Geometry Augment, Hasil Belajar, Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Tsani Karimah
Date Deposited: 23 Jan 2024 08:52
Last Modified: 23 Jan 2024 08:52
URI: http://repository.umtas.ac.id/id/eprint/1778

Actions (login required)

View Item View Item