PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATERI DAUR HIDUP HEWAN DI SDN CIMUNCANG

Sri Wahyuni, - (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATERI DAUR HIDUP HEWAN DI SDN CIMUNCANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya.

[img] Text
Sri Wahyuni - COVER.pdf

Download (18kB)
[img] Text
Sri Wahyuni - ABSTRAK.pdf

Download (769kB)
[img] Text
Sri Wahyuni - BAB I.pdf

Download (845kB)
[img] Text
Sri Wahyuni - BAB V.pdf

Download (819kB)
[img] Text
Sri Wahyuni - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (804kB)

Abstract

Pembelajaran IPA salah satu muatan materi yang sering muncul dalam pembelajaran karena berhubungan langsung dengan lingkungan siswa. Pada pelaksanaan pembelajaran IPA, guru berperan penting dalam terciptanya kondisi pembelajaran yang interaktif sehingga tujuan pembelajaran dapat tersampaikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran cooperative learning tipe make a match terhadap hasil belajar siswa kelas v pada materi daur hidup hewan di sdn cimuncang Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah eksperimen non-equivalent control group design. Penelitian ini dilakukan di SDN Cimuncang. Populasi yang digunakan pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Cimuncang yang berjumlah 30 siswa. Sampel yang digunakan yaitu seluruh populasi (total sampling), untuk pengambilan sampel memakai cara simple random sampling. Untuk teknik pengumpulan data menggunakan test yaitu pretest dan posttest serta data dianalisis dengan menggunakan aplikasi SPSS 24. Dari hasil data yang telah dianalisis, diperoleh sig. (2-tailed) 0,002 dan 0,003 < 0,05 yang berarti H0 ditolak. Memperoleh normalitas data 0,017 > 0,05, dan taraf signifikansi homogenitas data yaitu 0,47 > 0,05. Nilai rata-rata kelas eksperimen yaitu 85,13 dan kelas kontrol yaitu 77,13 (85,13 > 77,13) Maka model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Make A Match memiliki pengaruh positif terhadap hasil belajar siswa pada materi Daur Hidup Hewan pada siswa kelas V SDN Cimuncang

[error in script]
Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN
Thesis advisorRahmat Permana, -NIDN0429018902
Thesis advisorSunanih, -NIDN2114087301
Additional Information: Hardcopy: SKP.PGSD.0107
Uncontrolled Keywords: Cooperative Learning, Hasil Belajar IPA, Anak SD
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Tsani Karimah
Date Deposited: 23 Jan 2024 07:36
Last Modified: 23 Jan 2024 07:36
URI: http://repository.umtas.ac.id/id/eprint/1776

Actions (login required)

View Item View Item