PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THE LEARNING CELL BERBANTUAN AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI WUJUD BENDA DAN PERUBAHANNYA KELAS III SDN 4 KERTAHARJA

Dini Ferdiany, - (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THE LEARNING CELL BERBANTUAN AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI WUJUD BENDA DAN PERUBAHANNYA KELAS III SDN 4 KERTAHARJA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya.

[img] Text
Dini Ferdiany - COVER.pdf

Download (20kB)
[img] Text
Dini Ferdiany - ABSTRAK.pdf

Download (830kB)
[img] Text
Dini Ferdiany - BAB I.pdf

Download (859kB)
[img] Text
Dini Ferdiany - BAB V.pdf

Download (832kB)
[img] Text
Dini Ferdiany - DAFTAR HADIR.pdf

Download (822kB)

Abstract

Model pembelajaran yang menarik dan tepat dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran The Learning Cell berbantuan audio visual terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi wujud benda dan perubahannya kelas III SDN 4 Kertaharja. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah Quasi Eksperimental Design dengan desain penelitian yang digunakan yaitu Nonequivalent Control Group Design. Penelitian ini dilakukan di SDN 4 Kertaharja. Populasi yang digunakan pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SDN 4 Kertaharja yang berjumlah 23 siswa, untuk sampel penelitian kelompok eksperimen terdiri dari 12 siswa dan kelompok kontrol terdiri dari 11 siswa. Sampel yang digunakan yaitu teknik sampling jenuh karena populasi nya kurang dari 30. Data penelitian dikumpulkan melalui test yaitu pretest dan posttest. Dan kemudian dianalisis dengan menggunakan aplikasi SPSS 26. Nilai rata-rata kelas eksperimen yaitu 91,17 dan nilai rata-rata kelas kontrol yaitu 70,64. Maka μ1 > μ2 atau 91,17 > 70,64. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, yaitu diperoleh sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 yang berarti Ha diterima dan H0 ditolak. Sehingga dapat disimpulkan model pembelajaran The Learning Cell berbantuan media audio visual berpengaruh terhadap hasil belajar IPA kelas III SDN 4 Kertaharja

[error in script]
Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN
Thesis advisorAnggia Suci Pratiwi, -NIDN0023018703
Thesis advisorMeiliana Nurfitriani, -NIDN0405058903
Additional Information: Hardcopy: SKP.PGSD.0105
Uncontrolled Keywords: Audio Visual, Hasil Belajar, The Learning Cell.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Tsani Karimah
Date Deposited: 30 Oct 2023 07:26
Last Modified: 30 Oct 2023 07:26
URI: http://repository.umtas.ac.id/id/eprint/1707

Actions (login required)

View Item View Item