PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DAM-DAMAN PADA MATERI BANGUN DATAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SD DI TASIKMALAYA

Mohammad Arfan Munajat, - (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DAM-DAMAN PADA MATERI BANGUN DATAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SD DI TASIKMALAYA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya.

[img] Text
M Arfan Munajat - COVER.pdf

Download (63kB)
[img] Text
M Arfan Munajat - ABSTRAK.pdf

Download (777kB)
[img] Text
M Arfan Munajat - BAB I.pdf

Download (862kB)
[img] Text
M Arfan Munajat - BAB V.pdf

Download (754kB)
[img] Text
M Arfan Munajat - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (916kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah media pembelajaran dam-daman pada materi bangun datar untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SD di Tasikmalaya. Dalam penelitian ini juga untuk mengetahui efektivitas media pembelajaran dam-daman pada materi bangun datar. Metode yang digunakan yaitu R&D (Research and Development) metode Borg and Gall dengan tujuh tahap yaitu sampai uji lapangan utama. Sampel yang digunakan dengan menggunakan teknik simple random sampling dari populasi keseluruhan 4 Sekolah Dasar dan yang menjadi sampel pada penelitian ini yaitu siswa kelas III terdiri dari 6 orang siswa SDN Sindangsari INP sebagai uji coba kelompok kecil, 12 orang siswa SDN Condong sebagai uji coba kelompok besar dan 27 Siswa sebagai uji efektivitas di SDN 2 Cileuleus. Instrumen pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan angket instrumen validasi (validasi media, bahasa, materi dan soal). Teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif dari hasil uji kelayakan dan efektivitas. Penelitian ini menghasilkan sebuah media pembelajaran dan-daman untuk materi bangun datar. Media pembelajaran dam-daman ini untuk siswa Sekolah Dasar materi bangun datar kelas III memiliki kriteria sangat baik dari segi media, bahasa, materi dan respon siswa. Berdasarkan pada uji kelayakan oleh pakar dan respon siswa berupa skor, dimana hasil validasi ahli media mendapatkan skor 3,63, ahli bahasa sebesar 4,00, ahli materi sebesar 4,00 dan respon siswa sebesar 3,55. Kemudian hasil dari uji efektivitas pada kelas kontrol mendapat skor N-Gain 0,1 memiliki kriteria rendah dan hasil dari kelas kontrol mendapat skor 0,7 memiliki kriteria tinggi. Maka dari itu dengan menggunakan media dam-daman tentunya dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Namun hal ini tidak terlepas dari perlunya penelitian lebih lanjut lagi karena pada penelitian ini dilakukan uji efektivitas di satu Sekolah Dasar yang ada di kecamatan Cisayong.

[error in script]
Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN
Thesis advisorMohammad Fahmi Nugraha, -NIDN0017039001
Thesis advisorYopa Taufik Saleh, -NIDN0423068704
Additional Information: Hardcopy: SKP.PGSD.0103
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Dam-daman, Materi Bangun Datar, Hasil Belajar Siswa SD
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Tsani Karimah
Date Deposited: 30 Oct 2023 04:39
Last Modified: 30 Oct 2023 04:39
URI: http://repository.umtas.ac.id/id/eprint/1705

Actions (login required)

View Item View Item