PENGARUH EDUKASI TERHADAP PENGETAHUAN KELUARGA ORANG DENGAN GANGGUAN JIWA (ODGJ)DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS SUKARAJA KABUPATEN TASIKMALAYA

Dera Trisna Nopianto, - (2022) PENGARUH EDUKASI TERHADAP PENGETAHUAN KELUARGA ORANG DENGAN GANGGUAN JIWA (ODGJ)DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS SUKARAJA KABUPATEN TASIKMALAYA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya.

[img] Text
Dera Trisna - COVER.pdf

Download (239kB)
[img] Text
Dera Trisna - ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Dera Trisna - BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Dera Trisna - BAB VII.pdf

Download (977kB)
[img] Text
Dera Trisna - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Gangguan jiwa merupakan terganggunya proses berpikir, emosi, prilaku, dan persepsi karena adanya gangguan diotak, keluarga yang merawat penderita harus memiliki pengetahuan yang baik. Banyak keluarga yang tidak mengetahui akan masalah pada anggota keluarga yang mengalami gangguan jiwa, bahkan ada salah satu keluarga yang mengatakan bahwa penyebab gangguan jiwa adalah mahkluk halus/jin dan guna-guna sehingga keluarga melakukan pengobatan bukan ke pelayanan kesehatan melainkan kedukun, maka dari itu salah satu untuk meningkatkan pengetahuan keluarga dengan diberikannya edukasi kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh edukasi terhadap pengetahuan keluarga ODGJ di Wilayah Kerja Puskesmas Sukaraja Kabupaten Tasikmalaya. Desain penelitian menggunakan quasi experiment dengan bentuk pretest-posttest with control group design. Responden dalam penelitian ini yaitu keluarga pasien ODGJ yang belum mendapatkan edukasi di Wilayah Kerja Puskesmas Sukaraja yang berjumlah 56 orang dengan menggunakan Purposive Sampling, dengan total sempel 16 keluarga setiap kelompok serta instrumennya menggunakan kuesioner. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian Uji Paired Sample Ttest dan Independent Sample T test. Hasil analisis Uji Paired Sample T test dengan nilai p value = 0,002. Kemudian pada analisis Independent Sample T test terbukti bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok intervensi dan kelompok kontrol dengan nilai р value 0.000 dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan antara kelompok intervensi dan kelompok kontrol pengetahuan keluarga. Edukasi keluarga berpengaruh terhadap peningkatan pengetahuan keluarga ODGJ. Sebagian keluarga memiliki pengetahuan yang kurang, setelah diberikan edukasi keluarga, pengetahuan keluarga menjadi baik. Edukasi keluarga lebih efektif meningkatkan pengetahuan keluarga tentang perawatan ODGJ.

[error in script]
Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN
Thesis advisorNia Restiana, -NIDN0423067601
Thesis advisorSaryomo, -NIDN0417036701
Thesis advisorZainal Muttaqin, -NIDN0420058307
Additional Information: Hardcopy: SKP 1262
Uncontrolled Keywords: Edukasi kesehatan, Pengetahuan, Orang dengan Gangguan Jiwa
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > S1 Keperawatan
Depositing User: Admin Perpus
Date Deposited: 04 Oct 2023 01:40
Last Modified: 04 Oct 2023 01:41
URI: http://repository.umtas.ac.id/id/eprint/1645

Actions (login required)

View Item View Item