Dera Trisna Nopianto, - (2022) PENGARUH EDUKASI TERHADAP PENGETAHUAN KELUARGA ORANG DENGAN GANGGUAN JIWA (ODGJ)DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS SUKARAJA KABUPATEN TASIKMALAYA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya.
Text
Dera Trisna - COVER.pdf Download (239kB) |
|
Text
Dera Trisna - ABSTRAK.pdf Download (1MB) |
|
Text
Dera Trisna - BAB I.pdf Download (1MB) |
|
Text
Dera Trisna - BAB VII.pdf Download (977kB) |
|
Text
Dera Trisna - DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
Abstract
Gangguan jiwa merupakan terganggunya proses berpikir, emosi, prilaku, dan persepsi karena adanya gangguan diotak, keluarga yang merawat penderita harus memiliki pengetahuan yang baik. Banyak keluarga yang tidak mengetahui akan masalah pada anggota keluarga yang mengalami gangguan jiwa, bahkan ada salah satu keluarga yang mengatakan bahwa penyebab gangguan jiwa adalah mahkluk halus/jin dan guna-guna sehingga keluarga melakukan pengobatan bukan ke pelayanan kesehatan melainkan kedukun, maka dari itu salah satu untuk meningkatkan pengetahuan keluarga dengan diberikannya edukasi kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh edukasi terhadap pengetahuan keluarga ODGJ di Wilayah Kerja Puskesmas Sukaraja Kabupaten Tasikmalaya. Desain penelitian menggunakan quasi experiment dengan bentuk pretest-posttest with control group design. Responden dalam penelitian ini yaitu keluarga pasien ODGJ yang belum mendapatkan edukasi di Wilayah Kerja Puskesmas Sukaraja yang berjumlah 56 orang dengan menggunakan Purposive Sampling, dengan total sempel 16 keluarga setiap kelompok serta instrumennya menggunakan kuesioner. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian Uji Paired Sample Ttest dan Independent Sample T test. Hasil analisis Uji Paired Sample T test dengan nilai p value = 0,002. Kemudian pada analisis Independent Sample T test terbukti bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok intervensi dan kelompok kontrol dengan nilai р value 0.000 dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan antara kelompok intervensi dan kelompok kontrol pengetahuan keluarga. Edukasi keluarga berpengaruh terhadap peningkatan pengetahuan keluarga ODGJ. Sebagian keluarga memiliki pengetahuan yang kurang, setelah diberikan edukasi keluarga, pengetahuan keluarga menjadi baik. Edukasi keluarga lebih efektif meningkatkan pengetahuan keluarga tentang perawatan ODGJ.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Additional Information: | Hardcopy: SKP 1262 | ||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Edukasi kesehatan, Pengetahuan, Orang dengan Gangguan Jiwa | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Ilmu Kesehatan > S1 Keperawatan | ||||||||||||
Depositing User: | Admin Perpus | ||||||||||||
Date Deposited: | 04 Oct 2023 01:40 | ||||||||||||
Last Modified: | 04 Oct 2023 01:41 | ||||||||||||
URI: | http://repository.umtas.ac.id/id/eprint/1645 |
Actions (login required)
View Item |