Rangga Pratama, - (2017) GAMBARAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA DI SDN 1 SETIAMULYA KECAMATAN TAMANSARI KOTA TASIKMALAYA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya.
Text
Cover Rangga Pratama.pdf Download (108kB) |
|
Text
Abstract Rangga Pratama.pdf Download (650kB) |
|
Text
BAB I Rangga Pratama.pdf Download (812kB) |
|
Text
BAB VII Rangga Pratama.pdf Download (730kB) |
|
Text
Daftar Pustaka Rangga Pratama.pdf Download (792kB) |
Abstract
Dengan masih banyaknya siswa yang mengalami penurunan kecerdasan emosionalnya, labil akan emosi dan sulit dalam hal mengendalikan emosi. Hal ini merupakan suatu kesenjangan karena belum optimalnya kecerdasan emosional siswa, dimana masih memerlukan faktor pendukung lainya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kecerdasan emosional siswa di SDN 1 Setiamulya Kecamatan Tamansari Kota Tasikmalaya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan sampel 58 responden, dan menggunakan instrument berupa kuesioner yang sebelumnya dilakukan uji validitas dan reabilitas. Analisa data yang digunakan yaitu analisa terhadap kuesioner dan analisa deskriptif. Hasil analisis kecerdasan emosi siswa SDN 1 Setiamulya termasuk kategori baik dengan total skor rata-rata sebesar 76,36% artinya secara keseluruhan kecerdasan emosi siswa sudah baik. Indikator Mengenali Emosi Diri termasuk kategori cukup, dengan total skor rata-rata sebesar 70,26%. Indikator Mengelola Emosi termasuk kategori baik dengan skor rata-rata sebesar 64,65%. Indikator Memotivasi Diri Sendiri termasuk kategori baik dengan skor rata-rata sebesar 84,91%. Indikator Mengenal Emosi Orang Lain termasuk kategori baik dengan total skor rata-rata 78,34%. Indikator Membina Hubungan termasuk kategori baik dengan total skor rata-rata sebesar 83,62%. Dapat disimpulkan bahwa berdasarkan hasil penelitian sebagian besar dalam kategori baik, sehingga siswa harus mampu mempertahankan bahkan terus melakukan upaya-upaya peningkatan untuk lebih baik lagi. Maka dalam hal ini akan menjadi bahan evaluasi untuk civitas akademika SDN 1 Setiamulya untuk senantiasa terus melakukan pengawasan terhadap siswa dan keaktifannya selama proses belajar berlangsung.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Additional Information: | HARDCOPY (SKP.0705) | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kecerdasan emosional siswa, Emosi | |||||||||
Divisions: | Fakultas Ilmu Kesehatan > S1 Keperawatan | |||||||||
Depositing User: | Pustakawan UMTAS ,- | |||||||||
Date Deposited: | 15 Jun 2023 02:08 | |||||||||
Last Modified: | 22 Jun 2023 07:51 | |||||||||
URI: | http://repository.umtas.ac.id/id/eprint/1471 |
Actions (login required)
View Item |