HUBUNGAN KESADARAN DIRI DENGAN TANGGUNG JAWAB BELAJAR PADA SISWA SMP NEGERI 1 PANGANDARAN (PENELITIAN DESKRIPTIF SMP NEGERI PANGANDARAN TAHUN AJARAN 2021/2022) - (SKP.BK 0145)

Frida Afni Ramdani, - (2022) HUBUNGAN KESADARAN DIRI DENGAN TANGGUNG JAWAB BELAJAR PADA SISWA SMP NEGERI 1 PANGANDARAN (PENELITIAN DESKRIPTIF SMP NEGERI PANGANDARAN TAHUN AJARAN 2021/2022) - (SKP.BK 0145). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya.

[img] Text
Frida Afni Ramdani - COVER.pdf

Download (13kB)
[img] Text
Frida Afni Ramdani - BAB I.pdf

Download (953kB)
[img] Text
Frida Afni Ramdani - ABSTRAK.pdf

Download (755kB)
[img] Text
Frida Afni Ramdani - BAB V.pdf

Download (844kB)
[img] Text
Frida Afni Ramdani - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Frida Afni Ramdani - LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (86kB)
[img] Text
Frida Afni Ramdani - Lembar Pengesahan.pdf

Download (72kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran umum kesadaran diri, tanggung jawab belajar serta untuk mengetahui hubungan kesadaran diri dengan tanggung jawab belajar pada siswa SMP Negeri 1 Pangandaran. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif untuk mengungkap tujuan penelitian diatas. Populasi dalam penelitian ini adalah 348 orang siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pangandaran, teknik sampling dalam penelitian ini menggunakan random sampling yaitu dengan mengambil sampel secara acak tanpa mementingkan strata dalam populasi untuk dijadikan sampel. Hasil penelitian ini yaitu gambaran secara umum kesadaran diri pada siswa SMP Negeri 1 Pangandaran yang berada pada kategori sedang dengan persentase 61% sebanyak 105 siswa, artinya siswa dalam kategori ini sudah dapat mengenali dirinya walaupun belum sepenuhnya, namun siswa dalam kategori ini dapat mengambil keputusan untuk dirinya seperti siswa menyadari emosi yang sedang dirasakan dan bagaimana mengendalikan hal tersebut lalu siswa juga memahami apa kelebihan dan kekurangan dalam dirinya. Lalu hasil gambaran secara umum tanggung jawab belajar pada siswa SMP Negeri 1 Pangandaran yang berada pada kategori sedang dengan persentase 56,4% sebanyak 97 siswa, artinya siswa sudah cukup baik dalam mempertanggung jawabkan apa yang dilakukannya seperti siswa sudah mampu untuk belajar secara jujur dan mandiri, mengerjakan tugas dengan teliti dan tepat waktu, menaati peraturan di sekolah, serta siswa sudah cukup baik dalam mengambil keputusan serta berani mengemukakan pendapatnya dalam suatu kelompok pada saat berdiskusi atau pembelajaran. Selanjutnya hasil hubungan kesadaran diri dengan tanggung jawab belajar dengan hasil korelasi sebesar 0,072 dengan signifikansi sebesar 0,348. Yang berarti tidak terdapat hubungan antara kesadaran diri dengan tanggung jawab belajar walaupun sangat rendah. Serta itu berarti Ha dalam penelitian ini diterima

[error in script]
Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN
Thesis advisorFeida Noorlaila Isti'adah, -NIDN0431018901
Thesis advisorAnandha Putri, -NIDN0428099106
Uncontrolled Keywords: Tanggung Jawab Belajar, Kesadaran Diri, Siswa SMP
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Bimbingan Konseling
Depositing User: Tsani Karimah
Date Deposited: 26 May 2023 07:23
Last Modified: 26 May 2023 07:23
URI: http://repository.umtas.ac.id/id/eprint/1325

Actions (login required)

View Item View Item