Fitria Rika Detrianty, - (2023) PENGARUH MODEL TUTOR SEBAYA BERBANTUAN MEDIA PIZZA PECAHAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI PECAHAN KELAS IV DI SDN 2 SUKADANA - (SKP.PGSD.0098). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya.
Text
Fitria Rika Detrianty - COVER.pdf Download (68kB) |
|
Text
Fitria Rika Detrianty - ABSTRAK.pdf Download (800kB) |
|
Text
Fitria Rika Detrianty - BAB I.pdf Download (890kB) |
|
Text
Fitria Rika Detrianty - BAB V.pdf Download (813kB) |
|
Text
Fitria Rika Detrianty - DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (809kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran tutor sebaya berbantuan media pizza pecahan terhadap hasil belajar materi pecahan. Hal ini karena berdasarkan hasil wawancara dengan guru kelas IV di SDN 2 Sukadana terdapat permasalahan mengenai pembelajaran matematika di kelas IV yaitu pemahaman peserta didik pada pelajaran matematika masih kurang, terutama dalam materi operasi pecahan penjumlahan dan pengurangan. Sebagian peserta didik kurang memahami materi yang dipelajari sehingga berpengaruh terhadap hasil belajarnya. Rendahnya hasil belajar disebabkan oleh peserta didik kurang memahami materi operasi penjumlahan dan pengurangan pecahan, guru tidak menggunakan model pembelajaran yang membuat peserta didik kurang aktif dengan materi yang disampaikan guru, guru kurang menggunaan media pembelajaran yang menarik serta tidak melibatkan peserta didik pada saat pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini Pretes-Posttest Group Design. Sampel penelitian diperoleh secara acak. Populasi penelitian ini berjumlah 22 orang dari kelas IV SDN 2 Sukadana, diantaranya 11 siswa sebagai kelas kontrol dan 11 orang sebagai kelas eksperimen. Pengumpulan data pada penelitian ini yaitu tes berupa nilai siswa menggunakan pretest dan posttest, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas menggunakan uji kolmogrov-smirnov dan uji homogenitas menggunakan uji fisher. Hasil penelitian ini dapat menunjukkan bahwa pengaruh model pembelajaran tutor sebaya berbantuan media pizza pecahan terhadap hasil belajar materi pecahan kelas IV di SDN 2 Sukadana berpengaruh pada hasil belajar siswa kelompok eksperimen di SDN 2 Sukadana dengan adanya perubahan pada nilai pretest dan posttest. Dari kelas kontrol menunjukan bahwa peningkatan hasil belajar peserta didik dari pretest 46.55 dan posttest 46.36. kemudian di kelas eksperimen menunjukan peningkatan hasil belajar peserta didik pada pretest 52.73 dan posttest 72.36. kemudian uji paired sample t test menunjukan bahwa hasil hipotesis sig 0,000 < 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima, artinya ada pengaruh yang signifikan pengaruh tutor sebaya terhadap hasil belajar peserta didik dengan menggunakan media pizza pecahan sebagai media pada kelas IV di SDN 2 Sukadana.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Model Tutor Sebaya, Media Pizza Pecahan, Hasil Belajar Siswa | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar | |||||||||
Depositing User: | Tsani Karimah | |||||||||
Date Deposited: | 03 May 2023 01:56 | |||||||||
Last Modified: | 03 May 2023 01:56 | |||||||||
URI: | http://repository.umtas.ac.id/id/eprint/1319 |
Actions (login required)
View Item |