PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI PADA SISWA KELAS IV SDN CIMARA - (SKP.PGSD.0095)

Fauziah Rachman, - (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI PADA SISWA KELAS IV SDN CIMARA - (SKP.PGSD.0095). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya.

[img] Text
Fauziah Rachman - COVER.pdf

Download (99kB)
[img] Text
Fauziah Rachman - ABSTRAK.pdf

Download (846kB)
[img] Text
Fauziah Rachman - BAB I.pdf

Download (963kB)
[img] Text
Fauziah Rachman - BAB V.pdf

Download (928kB)
[img] Text
Fauziah Rachman - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (925kB)

Abstract

Rendahnya nilai keterampilan menulis karangan deskripsi adalah faktor utama dilakukannya sebuah penelitian. Dengan demikian, tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture terhadap keterampilan menulis karangan deskripsi pada siswa kelas IV SDN Cimara. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, dengan pendekatan kuantitatif, jenis desain quasi experimental design, macam jenis desain nonequivalent control group desain. Populasi subjek penelitiannya yaitu seluruh siswa kelas IV SDN Cimara yang terdiri dari 31 orang, untuk sampel penelitian kelompok eksperimen terdiri dari 16 orang dan kelompok kontrol terdiri dari 15 orang, dengan pengambilan teknik sampling menggunakan simple random sampling. Sumber data menggunakan sumber primer yaitu guru dan siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Sementra itu, untuk instrumen teknik analisis data dilakukan dengan cara uji perhitungan statistik inferensial/propabilitas atau teknik analisis data kuantitatif, menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian, nilai posttest kelompok eksperimen dan kelompok kontrol menunjukan bahwa thitung yang diperoleh adalah 8,726 dengan ttabel df = 29, taraf signifikansi 0,05 hasil ttabel Std. Error Difference = 2,445. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa thitung > ttabel (8,726 > 2,445). Selain itu, hasil t-test Sig. (2-tailed) ialah 0,000 maka itu artinya 0,000 < 0,05 jadi H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hal tersebut, bahwa hasil uji hipotesis menunjukan terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture terhadap keterampilan menulis karangan deskripsi pada siswa kelas IV SDN Cimara.

[error in script]
Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN
Thesis advisorMeIliana Nurfitriani, -NIDN0405058903
Thesis advisorMohammad Fahmi Nugraha, -NIDN0017039001
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture dan keterampilan menulis karangan deskipsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Tsani Karimah
Date Deposited: 03 May 2023 01:06
Last Modified: 03 May 2023 01:06
URI: http://repository.umtas.ac.id/id/eprint/1316

Actions (login required)

View Item View Item