EFEKTIVITAS KONSELING KOGNITIF BERBASIS MINDFULNESS UNTUK MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN PSIKOLOGIS PADA REMAJA - (SKP.BK 0123)

Nurhidayah, Siti Ranti (2022) EFEKTIVITAS KONSELING KOGNITIF BERBASIS MINDFULNESS UNTUK MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN PSIKOLOGIS PADA REMAJA - (SKP.BK 0123). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (756kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (917kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (859kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (796kB)

Abstract

Remaja mengalami perbedaan dan perubahan secara fisik, psikis, maupun sosial sehingga dapat memunculkan beberapa masalah-masalah yang dapat mengganggu kesejahteraan psikologis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui evektivitas mindfulness terhadap kesejahteraan psikologis (psychological well-being) pada siswa kelas XI di SMK Singaparna. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif menggunakan metode eksperimen dengan desain Singgle subject Reaseach dengan populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas XI di SMK Singaparna yang berjumlah 465 siswa. Penentuan sampel menggunakan teknik purporsive sampling. Data diperoleh dengan menggunakan skala kesejahteraan psikologis. Uji validitas menggunakan proram SPSS for Windowsrelease 25. Uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach dengan program SPSS for Windowsrelease 25.0 diperoleh koefisien reliabilitas skala kesejahteraan psikologis (psychological well-being) sebesar 0,826. Secara umum kesejahteraan psikologis siswa SMK Singaparna 11,0% (23 orang) berada pada kategori tinggi, 73,3% (154 orang) berada pada kategori sedang dan 15,7% (33 orang) berada pada kategori rendah. Penelitian ini juga menyajikan hasil penelitian eksperimen yang menyangkut Single subject, menggunakan desain eksperimen dengan model Single Subject Reaseach Pretest -Posttest Desaign untuk melihat evektifitas konseling kognitif berbasis mindfulness dalam meningkatkan kesejahteraan psikologis remaja. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat peningkatan skor tingkat kesejahteraan psikologis setelah pemberian perlakuan intervensi. Dengan demikian, konseling kognitif berbasis mindfulness efektif dalam meningkatkan kesejahteraan psikologis pada remaja, khususnya pada aspek pertumbuhan pribadi dan hubungan poditif dengan orang lain.

[error in script]
Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN
Thesis advisorNugraha, AgungNIDN0026128602
Thesis advisorimaduddin, AamNIDN0418048404
Uncontrolled Keywords: Mindfulness, Kesejahteraan Psikologis, Remaja
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Bimbingan Konseling
Depositing User: Tsani Karimah
Date Deposited: 23 Mar 2022 03:51
Last Modified: 28 Oct 2022 13:05
URI: http://repository.umtas.ac.id/id/eprint/885

Actions (login required)

View Item View Item