KONSELING PENERIMAAN DAN KOMITMEN UNTUK MENINGKATKAN KETANGGUHAN AKADEMIK SANTRI

Yoga Aditriana, - (2022) KONSELING PENERIMAAN DAN KOMITMEN UNTUK MENINGKATKAN KETANGGUHAN AKADEMIK SANTRI. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (950kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (958kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (897kB)

Abstract

Perpindahan pendidikan dari sekolah dasar ke sekolah menengah pertama dengan sistem asrama seperti pesantren, merupakan proses yang tidak mudah. Oleh karena menjadi santri di pesantren membuatnya harus tinggal di asrama, dan terpisah dari keluarga. Hal ini membuatnya harus belajar mengurus diri sendiri dengan segala kebutuhan dirinya sendiri, mulai dari bangun tidur hingga tidur kembali. Santri juga harus belajar menghadapi situasi dan lingkungan sekolah yang baru sendiri seperti, menyesuaikan diri dengan guru-guru yang baru, tuntutan akademik, dan pergaulan, baik di sekolah maupun di asrama. Kondisi yang jauh dari rumah, orangtua, dan temannya, serta padatnya jadwal yang diterima santri dengan berbagai kegiatan, yang menyebabkan santri selalu mengeluh kepada orang tua mengenai tidak betahnya di pesantren. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas konseling penerimaan dan komitmen untuk meningkatkan ketangguhan akademik santri. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen desain subjek tunggal (single subject research) dengan pola A-B-A. Populasi yang digunakan yaitu siswa SMPIT Irfani Quranicpreneur Bilingual School Ciamis, dengan subjek yang dijadikan sampel untuk diberikan intervensi adalah santri yang memiliki ketangguhan akademik rendah. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis visual yaitu dengan melihat langsung kecenderungan garis trend pada grafik dan analisis statistik yaitu menggunakan perhitungan PND (percentage Non-Overlapping Data) untuk menguji efektivitas intervensi yang diberikan. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan skor ketangguhan akademik yang signifikan pada fase baseline (A1), lalu intervensi (B) dan baseline (A2). Dengan demikian, konseling penerimaan dan komitmen terbukti efektif dalam meningkatkan ketangguhan akademik santri rendah.

[error in script]
Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN
Thesis advisorGian Sugiana Sugara, -NIDN0015128701
Thesis advisorAgung Nugraha, -NIDN0026128602
Additional Information: HARDCOPY (SKP.BK 0117)
Uncontrolled Keywords: Ketangguhan akademik, Konseling penerimaan dan komitmen, penelitian subjek tunggal.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Bimbingan Konseling
Depositing User: Tsani Karimah
Date Deposited: 22 Mar 2022 06:58
Last Modified: 03 Jul 2023 03:50
URI: http://repository.umtas.ac.id/id/eprint/879

Actions (login required)

View Item View Item