Rizki Siti Alianti, - (2022) KONSELING KOGNITIF BERBASIS MINDFULNESS UNTUK MENINGKATKAN DETERMINASI DIRI PADA SISWA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya.
Text
ABSTRAK.pdf Download (939kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (792kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (750kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
Abstract
Motivasi dianggap sebagai faktor penting untuk keberhasilan belajar, termasuk dalam lingkungan belajar daring. Individu dengan motivasi belajar rendah sering kali memiliki determinasi diri rendah juga, individu dengan determinasi diri rendah belum mampu mandiri dan bertanggung jawab dalam mengerjakan tugas, kurangnya kreatifitas dan relasi yang kurang baik sehingga bisa berdampak pada prestasi. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas konseling kognitif berbasis mindfulness untuk meningkatkan determinasi diri pada siswa menggunakan metode eksperimen desain subjek tunggal (single subject research) dengan pola A-B-A. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis visual dengan melihat langsung kecenderungan garis trend pada grafik dan analisis statistik menggunakan perhitungan PND (parcentage Non-Overlapping Data) untuk menguji efektivitas intervensi yang diberikan. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan skor determinasi diri yang signifikan pada fase baseline (A1) lalu intervensi (B) dan baseline (A2). Dengan demikian konseling kognitif berbasis mindfulness terbukti efektif untuk meningkatkan determinasi diri pada siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Additional Information: | HARDCOPY (SKP.BK 0107) | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Determinassi diri, Mindfulness, konseling kognitif berbasis mindfulness | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Bimbingan Konseling | |||||||||
Depositing User: | Tsani Karimah | |||||||||
Date Deposited: | 10 Mar 2022 01:40 | |||||||||
Last Modified: | 03 Jul 2023 04:38 | |||||||||
URI: | http://repository.umtas.ac.id/id/eprint/841 |
Actions (login required)
View Item |