Rofiq Muhammad Rusadi, - (2021) KONSELING KOGNITIF BERBASIS MINDFULLNESS UNTUK MENINGKATKAN KEGIGIHAN (GRIT) PADA MAHASISWA (PENELITIAN EKSPERIMEN TERHADAP MAHASISWA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH TASIKMALAYA TAHUN AKADEMIK 2017-2018) - (SKP.BK 0065). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya.
Text
ABSTRAK.pdf Download (167kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (309kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (289kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (373kB) |
Abstract
Ketuntasan akademik merupakan suatu hal yang selalu diharapkan oleh semua orang. Termasuk mahasiswa yang ingin berhasil dalam pencapaian studinya tepat waktu dengan nilai yang baik. Jika tidak ditangani dengan optimal, mahasiswa akan mengalami kejenuhan, menunda-nunda dalam penyelesaian studi, maupun hilang minat untuk terus berusaha dalam menggapai ketuntasan akademik. Semua itu akan berdampak pada emosi dan perilaku mahasiswa apabila kegigihan (grit) rendah bisa sampai menyerah dalam penuntasan akademiknya. Penelitian ini menyajikan hasil penelitian eksperimen yang menyangkut subjek grup, menggunakan desain eksperimen dengan model One-Group Pretest-Posttest Design untuk melihat efektivitas konseling kognitif berbasis mindfulness dalam meningkatkan kegigihan (grit) akademik mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan skor tingkat kegigihan setelah pemberian perlakuan intervensi. Dengan demikian, konseling kognitif berbasis mindfulness efektif dalam meningkatkan kegigihan (grit) pada mahasiswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kegigihan (Grit), Konseling Kognitif Berbasis Mindfullness, Desain Penelitian Pretest-Posttest | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Bimbingan Konseling | |||||||||
Depositing User: | Tsani Karimah | |||||||||
Date Deposited: | 20 Aug 2021 03:32 | |||||||||
Last Modified: | 22 May 2023 02:59 | |||||||||
URI: | http://repository.umtas.ac.id/id/eprint/387 |
Actions (login required)
View Item |