Silvi Hoirunnisa, - (2019) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN BUKU HARIAN INVESTIGASI MASALAH SOSIAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV DI SDN GANDAMEKAR - (SKP.PGSD 0006). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya.
Text
COVER SILVI.pdf Download (112kB) |
|
Text
Abstrak SILVI.pdf Download (932kB) |
|
Text
Bab 1 SILVI.pdf Download (623kB) |
|
Text
BAB 5 SILVI.pdf Download (499kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA SILVI.pdf Download (495kB) |
|
Text
Lembar Pengesahan.pdf Download (207kB) |
Abstract
Di dalam pembelajaran IPS di Kelas IV SDN Gandamekar terdapat beberapa hambatan yang mempengaruhi prestasi belajar siswa, salah satunya yaitu dalam penggunaan model pembelajaran yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning berbantuan buku harian investigasi masalah sosial terhadap prestasi belajar siswa kelas IV di SDN Gandamekar. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode eksperimen. Bentuk desain eksperimennya yaitu Quasi Experimental Design dengan Nonequivalent Control Group Design. Sampel penelitian seluruh populasi (total sampling), dibagi kedalam dua kelas menggunakan sampling sistematis, dan untuk penugasan kelas kontrol dan eksperimen dipilih secara random. Penelitian dilaksanakan di SDN Gandamekar Desa Cikapinis Kecamatan Karangnunggal Kabupaten Tasikmalaya pada siswa kelas IV sebanyak 36 siswa. Teknik dan instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah Tes berupa soal pilihan ganda dengan teknik analisis data berupa uji normalitas menggunakan uji Shapiro-Wilk, uji homoginitas menggunakan One-Way Anova dan uji hipotesis statistik menggunakan uji-t. Nilai rata- rata (mean) pre-test kelas eksperimen 63,61 dan nilai rata-rata (mean) post-test yaitu 84,17. Nilai rata-rata (mean) pre-test kelas kontrol yaitu 64,72 dan nilai rata-rata (mean) post-test yaitu 72,22. Hasil penelitian dengan judul pengaruh model Problem Based Learning berbantuan buku harian investigasi masalah sosial terhadap prestasi belajar siswa kelas IV di SDN Gandamekar dapat dikatakan berpengaruh signifikan. Hal ini ditunjukan dengan hasil penghitungan uji Independen Sample T-Test diperoleh signifikansi (2-tailed) yaitu Ha diterima karena sig < 0,05 yaitu 0,000 < 0,05 dan pada Ho ditolak karena sig > 0,05 yaitu 0,440 > 0,05 artinya bahwa prestasi belajar siswa pada kelas eksperimen yang menggunakan model Problem Based Learning berbantuan buku harian investigasi masalah sosial berbeda dengan prestasi belajar siswa pada kelas kontrol dengan metode konvensional. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Problem Based Learning berbantuan buku harian investigasi masalah sosial dapat berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa di kelas IV SDN Gandamekar.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Problem Based Learning Berbantuan Buku Harian Investigasi Masalah Sosial, Prestasi Belajar Siswa, Masalah sosial | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar | |||||||||
Depositing User: | Tsani Karimah | |||||||||
Date Deposited: | 23 Mar 2021 17:32 | |||||||||
Last Modified: | 25 May 2023 02:58 | |||||||||
URI: | http://repository.umtas.ac.id/id/eprint/228 |
Actions (login required)
View Item |