PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOPER PERKALIAN INSTRUMEN MUSIK UNTUK MENGHAFAL PERKALIAN DI KELAS 2 SEKOLAH DASAR

Hani Hardiyanti, - (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOPER PERKALIAN INSTRUMEN MUSIK UNTUK MENGHAFAL PERKALIAN DI KELAS 2 SEKOLAH DASAR. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya.

[img] Text
Hani Hardiyanti - COVER.pdf

Download (13kB)
[img] Text
Hani Hardiyanti - ABSTRAK.pdf

Download (907kB)
[img] Text
Hani Hardiyanti - BAB I.pdf

Download (931kB)
[img] Text
Hani Hardiyanti - BAB V.pdf

Download (910kB)
[img] Text
Hani Hardiyanti - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (911kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran koper perkalian instrumen musik serta mengetahui tingkat kualitas produk media pembelajaran koper perkalian instrumen musik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis pengembangan Research and Development dengan desain model pengembangan Borg and Gall 10 tahapan tetapi peneliti menyederhanakannya menjadi 7 tahapan. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Gunung Koneng dengan subjek kelas 2 Sekolah Dasar. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu observasi, wawancara, angket dan tes. Sedangkan untuk teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis kualitatif dan kuantitatif serta analisis hasil tes siswa berupa pretest dan posttest. Hasil validasi ahli media diperoleh skor akhir 27 dari jumlah skor maksimal 32 dengan persentase 84% dengan klasifikasi kategori ‘Sangat Layak’, ahli materi memberikan skor akhir 25 dari jumlah skor maksimal 28 dengan persentase 89% dengan klasifikasi kategori ‘Sangat Layak’, ahli bahasa memberikan skor akhir 22 dari jumlah skor maksimal 24 dengan persentase 91% dengan klasifikasi kategori ‘Sangat Layak’. Hasil uji kelompok kecil memperoleh skor rata-rata 18,4 dengan kelayakan 96,8% dengan kategori ‘Sangat Layak’, hasil uji kelompok besar memperoleh skor rata-rata 19,6 dengan kelayakan 98,0% dengan kategori ‘Sangat Layak’. Hal ini menunjukan bahwa media koper perkalian instrumen musik sangat layak untuk dijadikan sebagai media pembelajaran. Berdasarkan uji penelitian dengan hasil pretest dan posttest terjadi perubahan signifikan, rata-rata hasil pretest yaitu 60, sedangkan rata-rata hasil posttest yaitu 92. Hal ini menunjukan bahwa rata-rata hasil posttest lebih besar dari pada rata-rata hasil pretest. Dengan pengukuran efektivitas media menggunakan N-Gain, skor hasil 0,80 atau 80% termasuk kedalam kategori ‘Efektif’ sebagai media pembelajaran koper perkalian instrumen musik untuk menghafal perkalian di kelas 2 SDN Gunung Koneng.

[error in script]
Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN
Thesis advisorBudi Hendrawan, -NIDN0421068603
Thesis advisorMohammad Fahmi Nugraha, -NIDN0017039001
Additional Information: Hardcopy: SKP.PGSD.0145
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Media, Koper perkalian instrumen musik, Siswa SD
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Tsani Karimah
Date Deposited: 14 Jun 2024 03:18
Last Modified: 14 Jun 2024 03:18
URI: http://repository.umtas.ac.id/id/eprint/2112

Actions (login required)

View Item View Item