MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR ANAK MELALUI KEGIATAN BERKEBUN DI KOBER NURUL HUDA KECAMATAN CIKATOMAS KABUPATEN TASIKMALAYA - (SKP.PAUD 0007)

Ai Mupah Latopah, - (2020) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR ANAK MELALUI KEGIATAN BERKEBUN DI KOBER NURUL HUDA KECAMATAN CIKATOMAS KABUPATEN TASIKMALAYA - (SKP.PAUD 0007). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya.

[img] Text
COVER AI MUPAH.pdf

Download (193kB)
[img] Text
ABSTRAK AI MUPAH.pdf

Download (592kB)
[img] Text
BAB 1 AI MUPAH.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V AI MUPAH.pdf

Download (414kB)
[img] Text
Daftar Pustaka AI MUPAH.pdf

Download (422kB)
[img] Text
PERSETUJUAN PENGESAHAN.pdf

Download (412kB)

Abstract

Pembelajaran di KOBER Nurul Huda masih kurang bervariasi dan menyentuh alam sekitar, sehingga membuat anak kurang termorivasi untuk berangkat ke sekolah dan belajar sesuai aturan. Untuk itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi anak melalui kegiatan berkebun pada kelompok B di KOBER Nurul Huda Kecamatan Cikatomas Kabupaten Tasikmalaya.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang dilaksanakan dengan I siklus. Subjek penelitian ini adalah kelompok B di Kober Nurul Huda yang berjumlah 11 anak. Penelitian ini dilaksanakan pada semester 2 tahun ajaran 2019/ 2020. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi. Instrument pengumpulan data menggunakan Lembar Observasi yaitu Ratting Scale. Analisis data menggunakan deskiriptif Kuantitatif. Peningkatan motivasi belajar dikatakan berhasil apabila 5 orang anak memiliki kriteria 80% melalui kegiatan berkebun.Hasil penelitian motivasi belajar anak pra siklus menunjukan 72,7 % dari 8 anak memiliki kriteria kurang dalam motivasi belajar, sedangkan 23% dari 3 anak memiliki motivasi belajar yang cukup baik. Hasil penelitian siklus I menunjukan 80% dari jumlah 5 anak memiliki kriteria sangat baik, sedangkan 75% dari 6 orang anak memiliki kriteria baik. Setelah dilakukan siklus I target pencapaiannya yaitu 80% dari 5 orang anak, maka penelitian ini dikatakan berhasil. Kriteria motivasi belajar ini dilihat dari aspek-aspek motivasi belajar anak yaitu: (1) Minat dan perhatian anak terhadap materi, (2) semangat anak untuk melaksanakan tugasnya, (3) tanggung jawab anak dalam mengerjakan tugasnya, (4) rasa senang dalam mengerjakan tugas yang diberikan, (5) Reaksi yang ditunjukan anak terhadap stimulus yang diberikan.

[error in script]
Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN
Thesis advisorNandhini Hudha Anggarasari, -NIDN0425108308
Thesis advisorElfan Fanhas Fatwa Khomaeny, -NIDN0425098003
Uncontrolled Keywords: motivasi belajar anak, berkebun, kelompok B.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Tsani Karimah
Date Deposited: 18 Mar 2021 02:14
Last Modified: 24 May 2023 07:47
URI: http://repository.umtas.ac.id/id/eprint/198

Actions (login required)

View Item View Item