MODEL PELATIHAN BERBASIS MINDFULNESS-BASED STRESS REDUCTION UNTUK MEREDUKSI ADIKSI MEDIA SOSIAL PADA SISWA (PENELITIAN PRA-EKSPERIMEN TERHADAP SISWA KELAS XI DI SMA AL MUTTAQIN KOTA TASIKMALAYA)

Salma Rachmawati, - (2023) MODEL PELATIHAN BERBASIS MINDFULNESS-BASED STRESS REDUCTION UNTUK MEREDUKSI ADIKSI MEDIA SOSIAL PADA SISWA (PENELITIAN PRA-EKSPERIMEN TERHADAP SISWA KELAS XI DI SMA AL MUTTAQIN KOTA TASIKMALAYA). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya.

[img] Text
Salma Rachmawati - COVER.pdf

Download (23kB)
[img] Text
Salma Rachmawati - ABSTRAK.pdf

Download (753kB)
[img] Text
Salma Rachmawati - BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Salma Rachmawati - BAB V.pdf

Download (760kB)
[img] Text
Salma Rachmawati - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (941kB)

Abstract

Penggunaan media sosial menimbulkan banyak dampak negatif salah satunya adalah adiksi. Adiksi media sosial adalah penggunaan media sosial secara berlebihan atau kompulsif hingga penggunanya kehilangan kontrol diri dan menimbulkan dampak negatif. Penelitian ini menggunakan desain One Group Pretest Post-test. Subjek penelitian ini terdiri dari 22 siswa yang mengalami adiksi media sosial paling tinggi. Pelatihan MBSR untuk mereduksi adiksi media sosial dilakukan sebanyak 8 sesi. Hasil pre-test dan post-test dibandingkan melalui uji efektivitas. Hasil penelitian menunjukkan terdapat penurunan skor adiksi media sosial dari sebelum diberikan intervensi dan setelah diberikan intervensi. Maka dari itu, pelatihan MBSR cukup efektif dalam mereduksi adiksi media sosial.

[error in script]
Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN
Thesis advisorGian Sugiana Sugara, -NIDN0015128701
Thesis advisorMuhammad Muhajirin, -NIDN0418039101
Additional Information: Hardcopy: SKP.BK 0205
Uncontrolled Keywords: adiksi, adiksi media sosial, media sosial, mindfulness-based stress reduction, MBSR
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Bimbingan Konseling
Depositing User: Tsani Karimah
Date Deposited: 21 Feb 2024 04:04
Last Modified: 21 Feb 2024 04:04
URI: http://repository.umtas.ac.id/id/eprint/1828

Actions (login required)

View Item View Item