PENGARUH TEKNIK BRAINSTORM SHEET TERHADAP KETERAMPILAN MENULISKAN KEMBALI CERPEN SISWA KELAS VI SDN CONDONG

Mela Rahmayanti Putri, - (2023) PENGARUH TEKNIK BRAINSTORM SHEET TERHADAP KETERAMPILAN MENULISKAN KEMBALI CERPEN SISWA KELAS VI SDN CONDONG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya.

[img] Text
Mela Rahmayanti - COVER.pdf

Download (100kB)
[img] Text
Mela Rahmayanti - ABSTRAK.pdf

Download (913kB)
[img] Text
Mela Rahmayanti - BAB I.pdf

Download (911kB)
[img] Text
Mela Rahmayanti - BAB V.pdf

Download (878kB)
[img] Text
Mela Rahmayanti - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (875kB)

Abstract

Tujuan dilaksanakan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh teknik brainstorm sheet terhadap keterampilan menuliskan kembali cerpen siswa kelas 6 SDN Condong. Rendahnya kemampuan siswa dalam memunculkan ide kreatifiya dalam menuliskan kembali cerpen menggunakan bahasanya sendiri menjadi latar belakang dalam penelitian ini. Metode pembelajaran yang digunakan oleh guru belum optimal sehingga belum mampu mengatasi permasalahan tersebut. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi yang digunakan seluruh siswa kelas 6 di SDN Condong, dan sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah seluruh populasi penelitian (sampling jenuh) yaitu kelas 6 SDN Condong sebanyak 25 siswa. Tes yang digunakan adalah pretest dan posrtest, dan data yang dianalisis menggunakan SPSS versi 26. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan terjadinya peningkatan pada pretest dan posttest, hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai signifkansi sebesar 0,000. Sesuai dengan kaidah pengambilan keputusan 0,000 < 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Artinya, teknik brainstorm sheet berpengaruh terhadap keterampilan menuliskan kembali cerpen siswa kelas 6 SDN Condong. Kemudian, nilai rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 85,83 sedangkan kelas kontrol sebesar 70,46. Terlihat ada perbedaan, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa teknik brainstorm sheet berpengaruh positif terhadap keterampilan menuliskan kembali cerpen siswa kelas 6 SDN Condong.

[error in script]
Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN
Thesis advisorAnggia Suci Pratiwi, -NIDN0023018703
Thesis advisorMeiliana Nurfitriani, -NIDN0405058903
Additional Information: Hardcopy: SKP.PGSD.0131
Uncontrolled Keywords: Teknik Pembelajaran, Brainstorm Sheet, Keterampilan Menuliskan Kembali Cerpen.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Tsani Karimah
Date Deposited: 02 Feb 2024 06:29
Last Modified: 02 Feb 2024 06:29
URI: http://repository.umtas.ac.id/id/eprint/1800

Actions (login required)

View Item View Item