PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN RUMAH BANGUN RUANG BERBANTUAN MACROMEDIA FLASH 8 PADA MATERI BANGUN RUANG DI KELAS VI SDN 3 BANJARWANGI

Fatria Rahmawan, - (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN RUMAH BANGUN RUANG BERBANTUAN MACROMEDIA FLASH 8 PADA MATERI BANGUN RUANG DI KELAS VI SDN 3 BANJARWANGI. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya.

[img] Text
Fatria Rahmawan - COVER.pdf

Download (159kB)
[img] Text
Fatria Rahmawan - ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Fatria Rahmawan - BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Fatria Rahmawan - BAB V.pdf

Download (870kB)
[img] Text
Fatria Rahmawan - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (876kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan sebuah produk berupa media pembelajaran rumah bangun ruang yang dapat digunakan dalam mata pelajaran matematika. Di SDN 3 Banjarwangi, terdapat beberapa permasalahan berupa kurangnya penggunaan media pembelajaran pada saat proses pembelajaran, dan proses pembelajaran hanya menggunakan metode ceramah dan mengandalkan buku paket saja. Siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi bangun ruang karena terdapat rumus yang digunakan dan cara menghitung yang rumit, hal tersebut berpengaruh pada pengerjaan latihan soal atau pemecahan masalah. Dengan demikian, media pembelajaran rumah bangun ruang dikembangkan untuk menjawab beberapa permasalahan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development yang dikemukakan oleh Borg & Gall. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 3 Banjarwangi pada siswa kelas VI dengan teknik analisis data statistik deskriptif. Teknik pengumpulan data yaitu dengan teknik wawancara, angket yang diberikan kepada ahli media, ahli materi, guru serta respon siswa, dan tes. Hasil validasi akhir ahli media yaitu sebesar 95% dengan kategori “Sangat Layak”. Hasil validasi akhir ahli meteri yaitu sebesar 82,8% dengan kategori “Sangat Layak”. Hasil validasi guru yaitu sebesar 84,2% dengan kategori “Sangat Layak”. Semenara itu, pada ujicoba kelompok kecil mendapatkan skor rata-rata 41,8 atau 92,8% dengan kategori “Sangat Layak” dan pada uji coba kelompok besar mendapatkan skor rata-rata 41,4 atau 82,8% dengan kategori “Sangat Layak”. Hal ini menunjukan bahwa media pembelajaran rumah bangun ruang sangat layak dijadikan sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran matematika. Berdasarkan hasil pretest dan postest terjadi perubahan yang signifikan. Hal ini menunjukan bahwa rata-rata hasil postest lebih besar daripada hasil pretest. Dengan pengukuran keefektifan media menggunakan N-Gain, skor hasil rata-rata 0.721 atau 72,1% dengan kategori “Efektif”. Dengan demikian hasil penelitian yang telah diperoleh menggunakan N-Gain dapat dikatakan bahwa media pembelajaran rumah bangun ruang efektif dan dapat digunakan dalam pelajaran matematika materi bangun ruang

[error in script]
Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN
Thesis advisorMeiliana Nurfitriani, -NIDN0405058903
Thesis advisorRahmat Permana, -NIDN0429018902
Additional Information: Hardcopy: SKP.PGSD.0128
Uncontrolled Keywords: Matematika, Media Pembelajaran, Rumah Bangun Ruang
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Tsani Karimah
Date Deposited: 02 Feb 2024 03:38
Last Modified: 02 Feb 2024 03:38
URI: http://repository.umtas.ac.id/id/eprint/1797

Actions (login required)

View Item View Item