PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN KARTU GAPLE ORPEDAMA TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS 5 SD NEGERI KERSAGALIH KECAMATAN JATIWARAS

Pipin Sopiah, - (2023) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN KARTU GAPLE ORPEDAMA TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS 5 SD NEGERI KERSAGALIH KECAMATAN JATIWARAS. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya.

[img] Text
Pipin Sopiah - COVER.pdf

Download (16kB)
[img] Text
Pipin Sopiah - ABSTRAK.pdf

Download (751kB)
[img] Text
Pipin Sopiah - BAB I.pdf

Download (846kB)
[img] Text
Pipin Sopiah - BAB V.pdf

Download (756kB)
[img] Text
Pipin Sopiah - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (890kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran kartu gaple Orpedama terhadap hasil belajar IPA siswa kelas 5 SD Negeri Kersagalih Kecamatan Jatiwaras. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Jenis penelitian menggunakan quasi experiment dengan nonequivalent control group design. Dalam desain ini populasi dibagi kedalam dua kelompok, yaitu kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Kelompok kontrol merupakan kelompok yang mendapat perlakuan dengan model pembelajaran konvensional, sedangkan kelompok eksperimen merupakan kelompok yang diberi perlakuan dengan menggunakan media kartu gaple Orpedama. Populasi yang digunakan adalah siswa kelas 5 SDN Kersagalih Kecamatan Jatiwaras sebanyak 30 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes pretest dan posttest dan data dianalisis menggunakan SPSS versi 25. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh bahwa media pembelajaran kartu gaple Orpedama memiliki pengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa kelas 5 SD Negeri Kersagalih Kecamatan Jatiwaras. Nilai rata-rata pretest kelas kontrol adalah 31 dan setelah diberikan perlakuan kemudian dilakukan posttest nilai rata-rata adalah 55. Sedangkan pada kelas eksperimen, nilai rata-rata pretest yang didapat adalah 35, kemudian setelah diberikan perlakuan dan diberikan posttest nilai rata-rata siswa yang didapat adalah 81. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan paired sample test pada program SPSS 25, hasil hipotesis yang didapat dengan nilai sig 0,000 < 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Sehingga penggunaan media pembelajaran kartu gaple Orpedama berpengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa kelas 5 SD Negeri Kersagalih Kecamatan Jatiwaras.

[error in script]
Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN
Thesis advisorMohammad Fahmi Nugraha, -NIDN0017039001
Thesis advisorMeiliana Nurfitriani, -NIDN0405058903
Additional Information: Hardcopy: SKP.PGSD.0115
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Kartu Gaple, Organ Peredaran Darah Manusia, Hasil Belajar IPA
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Tsani Karimah
Date Deposited: 25 Jan 2024 04:29
Last Modified: 25 Jan 2024 04:29
URI: http://repository.umtas.ac.id/id/eprint/1784

Actions (login required)

View Item View Item