Tika Restina Utami, - (2022) PERSIAPAN MODEL APLIKASI GAME EDUKASI BERBASIS ANDROID SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya.
Text
Tika Restina - COVER.pdf Download (21kB) |
|
Text
Tika Restina - ABSTRAK.pdf Download (749kB) |
|
Text
Tika Restina - BAB I.pdf Download (857kB) |
|
Text
Tika Restina - BAB V.pdf Download (753kB) |
|
Text
Tika Restina - DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (843kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan merancang media belajar dalam bentuk game. penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development). Dalam tahapan proses penelitian ini ada tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi dan pengujian. Pengujian yang dilakukan berupa validasi yang dilakukan oleh ahli media dan ahli materi. Kemudian media diuji coba oleh siswa, setelah dilakukan validasi dan media memenuhi kriteria interaktif yang layak, barulah kemudian dilakukan pengujian atau penelitian untuk mengetahui kelayakan dilapangan. Penelitian ini dilakukan di SMK As Shaabiq Singaparna dengan melibatkan 31 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket, kemudian data yang diperoleh dianalisis. Pada penelitian ini didapatkan hasil kelayakan ahli materi, ahli media dan mahasiswa dengan nilai rata-rata. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa game tersebut dapat layak digunakan sebagai media pembelajaran. Penelitian ini mendapatkan hasil : (1) Menghasilkan game edukasi menggunakan Construct 2 sebagai media pembelajaran Dasar Desain Grafis (2) Game edukasi ini mendapatkan kualitas Layak pada aspek balance testing dengan persentase kelayakan 76,39%, kualitas Layak pada aspek playtesting dengan persentase kelayakan 80,16%, dan kualitas Layak pada aspek usability testing dengan persentase kelayakan 78,06%. Dari total hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa game edukasi ini dikategorikan Layak dengan persentase kelayakan 78,2%.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Additional Information: | Hardcopy: SKP.PTI 0027 | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | media pembelajaran, game edukasi, angket. | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Teknik Informasi | |||||||||
Depositing User: | Tsani Karimah | |||||||||
Date Deposited: | 12 Jan 2024 06:27 | |||||||||
Last Modified: | 12 Jan 2024 06:27 | |||||||||
URI: | http://repository.umtas.ac.id/id/eprint/1763 |
Actions (login required)
View Item |