MODEL PELATIHAN BERBASIS RASIONAL EMOTIF PERILAKU UNTUK MEREDUKSI BURNOUT PADA SISWA (Penelitian Eksperimen Kuasi Terhadap Siswa Kelas IX SMPN 1 Padakembang) - (SKP.BK 0167)

Sely Mawadatul Khoeriyah, - (2023) MODEL PELATIHAN BERBASIS RASIONAL EMOTIF PERILAKU UNTUK MEREDUKSI BURNOUT PADA SISWA (Penelitian Eksperimen Kuasi Terhadap Siswa Kelas IX SMPN 1 Padakembang) - (SKP.BK 0167). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya.

[img] Text
Sely Nawadatul K - COVER.pdf

Download (80kB)
[img] Text
Sely Nawadatul K - ABSTRAK.pdf

Download (803kB)
[img] Text
Sely Nawadatul K - BAB I.pdf

Download (931kB)
[img] Text
Sely Nawadatul K - BAB V.pdf

Download (812kB)
[img] Text
Sely Nawadatul K - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (936kB)

Abstract

Burnout yang dialami oleh siswa seringkali diawali dengan pemikiran yang tidak rasional seperti kurang percaya diri, memandang dirinya rendah daripada orang lain, dan pemikiran negatif. Penelitian ini bertujuan untuk menguji model pelatihan berbasis rasional emotif perilaku untuk mereduksi burnout. Intervensi ini menggunakan metode eksperimen dengan desain ekperimen kuasi yang digunakan adalah nonequivalent (pre-test dan post-test) control group design. Sampel yang digunakan pada kelas eksperimen yaitu sejumlah 29 orang (N=29) dan untuk kelas kontrol yaitu sejumlah 26 orang (N=26) yang mengalami burnout tinggi di sekolah menengah pertama. Pelatihan berbasis rasional emotif perilaku diberikan dalam 10 sesi. Pelatihan ini difokuskan pada pemberian kekuatan mengenai penerimaan diri, mengubah pikiran, perasaan, perilaku, serta untuk mempunyai keterampilan pemecahan masalah. Penelitian ini menggunakan Student Burnout Inventory. Data dikumpulkan sebelum dan sesudah eksperimen pelatihan. Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya penurunan skor burnout yang signifikan, hal ini menguatkan hipotesis pertama, bahwa akan terjadi penurunan pada tingkat skor burnout dari sebelum dan sesudah dilakukan intervensi. Dengan demikian, penelitian ini menunjukan bahwa pelatihan berbasis rasional emotif perilaku efektif untuk mereduksi burnout pada siswa.

[error in script]
Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN
Thesis advisorGian Sugiana Sugara, -NIDN0015128701
Thesis advisorAnandha Putri Rahimsyah, -NIDN0428099106
Uncontrolled Keywords: Burnout, Pelatihan Rasional Emotif Perilaku, Eksperimen Kuasi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Bimbingan Konseling
Depositing User: Tsani Karimah
Date Deposited: 07 Jun 2023 03:09
Last Modified: 07 Jun 2023 03:09
URI: http://repository.umtas.ac.id/id/eprint/1411

Actions (login required)

View Item View Item