PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MAFIBOOKHI TERHADAP MINAT BELAJAR ANAK USIA DINI - (SKP.PAUD 0024)

Ade Fitriyati Fatimah, - (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MAFIBOOKHI TERHADAP MINAT BELAJAR ANAK USIA DINI - (SKP.PAUD 0024). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya.

[img] Text
Ade Fitriyati Fatimah - COVER.pdf

Download (114kB)
[img] Text
Ade Fitriyati Fatimah - ABSTRAK.pdf

Download (970kB)
[img] Text
Ade Fitriyati Fatimah - BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Ade Fitriyati Fatimah - BAB V.pdf

Download (972kB)
[img] Text
Ade Fitriyati Fatimah - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Lembar Pengesahan - ade fitriyati fatimah.pdf

Download (180kB)

Abstract

Media pembelajara adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dari pengirim ke penerima sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan, serta perhatian murid agar proses belajar terjadi. Media pembelajaran mempunyai peranan penting dalam proses kegiatan belajar mengajar. Dengan adanya media pembelajaran, proses kegiatan belajar mengajar akan semakin dirasakan manfaatnya. Berdasarkan hasil observasi bahwa peserta didik perlu adanya media yang dapat menarik perhatian untuk menumbuhkan minat dalam pengenalan huruf hijaiyah. Oleh karena itu, maka perlu adanya pengembangan media pembelajaran yang dapat membantu peserta didik ataupun pendidik dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengembangan media pembelajaran Mafibookhi. Metode penelitian ini menggunakan metode research and depelovment (R&D) berdasarkan model penelitian dan pengembangan 4D. Terdiri dari 4 tahap yaitu pendefinisian (define), perencanaan (design), pengembangan (depelov), dan penyebaran (dissemnate). Teknik pengumpulan data yaitu dengan berupa angket validasi ahli materi dan ahli media. Berdasarkan hasil validasi tahap 1 oleh ahli materi di peroleh 80% dan 90% dengan kriteria sangat valid, dan hasil validasi tahap 2 memperoleh hasil 85,5% dan 89,1% dengan kriteria sangat valid. Kemudian hasil dari validasi ahli media pada tahap 1 mendapatkan hasil yang sama yaitu 87,5% dengan kriteria sangat valid dan pada tahap kedua mendapatkan 75% dan 82,5% dengan kriteria valid dan sangat valid. Dari semua hasil di atas media pembelajaran Mafibookhi dikatan valid dan siap untuk di gunakan di lapangan. Hasil uji coba lapangan mendapatkan hasil tahap 1 yaitu 86,5% dan pada tahap kedua yaitu mendapatkan hasil 100% dengan kriteria sangat valid atau sangat menarik sehingga layak untuk di gunakan sebagai media pembelajaran dalam kegiatan belajar mengajar.

[error in script]
Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN
Thesis advisorElfan Fanhas Fatwa Khomaeny, -NIDN0425098003
Thesis advisorRikha Surtika Dewi, -NIDN0011048404
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Mafibookhi, Huruf Hijaiyah
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Tsani Karimah
Date Deposited: 30 May 2023 09:07
Last Modified: 30 May 2023 09:07
URI: http://repository.umtas.ac.id/id/eprint/1365

Actions (login required)

View Item View Item