PROFIL MOTIVASI BELAJAR SISWA MA MUHAMMADIYAH AL-FURQON KABUPATEN TASIKMALAYA - (SKP.BK 0004)

Annisa Luthfiani, - (2020) PROFIL MOTIVASI BELAJAR SISWA MA MUHAMMADIYAH AL-FURQON KABUPATEN TASIKMALAYA - (SKP.BK 0004). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya.

[img] Text
ABSTRAK ANNISA LUTHFIANI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I ANNISA LUTHFIANI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB V ANNISA LUTHFIANI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA ANNISA LUTHFIANI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Fokus penelitian ini pada motivasi belajar siswa, latar belakang meneliti motivasi belajar merupakan keseluruhan daya penggerak didalam diri seseorang yang menimbulkan kegiatan dan memberikan arah, sehingga tujuan yang dikehendaki dapat tercapai. Dalam motivasi belajar dorongan merupakan kekuatan mental untuk melakukan kegiatan dalam rangka pemenuhan harapan dan dorongan dalam hal ini untuk mencapai suatu tujuan. Untuk mengetahui Fase remaja yaitu 15-18 tahun. Penelitian ini menggunakan kuantitatif deskriptif dapat diartikan sebagai metode penelitian yang berlandaskan pada filsafat positivisme, digunakan untuk meneliti pada populasi atau sampel tertentu, pengumpulan data menggunakan instrument penelitian, analisis data bersifat kuantitatif atau statistik dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan, populasi siswa X, XI, XII MA Muhammadiyah Al-furqon Kabupaten Tasikmalaya ini sebanyak 149 siswa terbagi kedalam 6 kelas, dan sampel menggunakan sampel random sampling sebanyak 97 siswa. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa gambaran umum motivasi belajar siswa MA Muhammadiyah Al-Furqon Kabupaten Tasikmlaya termasuk dalam kategori sedang 81,44%, gambaran umum ketercapaian aspek motivasi belajar siswa kelas X,XI,XII MA Muhammadiyah Al-Furqon Kabupaten Tasikmalaya termasuk kategori tinggi 69,12%, perbandingan motivasi belajar pada siswa kelas X,XI,XII MA Muhammadiyah Al-Furqon Kabupaten Tasikmalaya termasuk kategori tinggi 60,30%. Impilkasi bimbingan kelompok sebagai suatu proses pemberian bantuan kepada individu melalui suasana kelompok yang memungkinkan setiap anggota untuk belajar berpartisipasi aktif dan berbagi pengalaman dalam upaya mengembangkan wawasan sikap dan atau keterampilan yang diperlukan dalam upaya mencegah timbulnya masalah atau dalam upaya pengembangan pribadi, dengan mengunakan teknik simulasi (permainan).

[error in script]
Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN
Thesis advisorAgung Nugraha, -NIDN0026128602
Thesis advisorCucu Arumsari, -NIDN0417049003
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar, Remaja, Bimbingan Kelompok, Simulasi Games
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Bimbingan Konseling
Depositing User: Tsani Karimah
Date Deposited: 22 Feb 2021 02:24
Last Modified: 31 May 2023 04:19
URI: http://repository.umtas.ac.id/id/eprint/136

Actions (login required)

View Item View Item