Maulidya Ulfah, - and Maemonah, - and Sigit Purnama, - and Nur Hamzah, - and Elfan Fanhas Fatwa Khomaeny, - (2021) Pengembangan Buku Ajar Digital Parenting: Strategi Perlindungan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6 (3). pp. 1416-1428. ISSN 2549-8959
Text
Pengembangan Buku Ajar Digital Parenting.pdf Download (487kB) |
|
Text
1773 - Published Version Download (1kB) |
Abstract
Penggunaan teknologi yang tidak semestinya mengakibatkan adanya digital kidnapping, cyberbulllying, child grooming, kecanduan gawai, pornografi, bahaya kesehatan dan radiasi. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa buku ajar digital parenting sebagai strategi perlindungan anak. Metode yang dipakai adalah penelitian dan pengembangan (RND) mengacu pada model pengembangan 4-D (define, design, develop dan desseminate). Produk divalidasi pakar media dan pakar ahli materi serta diuji cobakan kepada 15 orang tua anak selama 1 bulan. Teknik Pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Analisis tahap pertama dengan analisis deskriptif dan teknik analisis kualitas produk adalah analisis data deskriptif kuantitatif. Pengembangan isi buku yaitu bahaya dunia online, konsep digital parenting, pengasuhan anak, bersahabat dengan media digital dan sinergi peran dari orang tua dan sekolah dalam melindungi anak. Penelitian ini menunjukkan hasil bahwa buku yang dinyatakan layak digunakan dengan hasil dari ahli media 85%, ahli materi 82%, pengguna 88,3% dan nilai rata-rata 85,1%.
Item Type: | Article | ||||||||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Karya Dosen | ||||||||||||||||||
Depositing User: | Elfan Fanhas | ||||||||||||||||||
Date Deposited: | 13 Apr 2023 02:53 | ||||||||||||||||||
Last Modified: | 25 May 2023 06:20 | ||||||||||||||||||
URI: | http://repository.umtas.ac.id/id/eprint/1289 |
Actions (login required)
View Item |