Rostianti, Tanti (2022) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP STRES AKADEMIK PARA SISWA (Studi Deskriptif Siswa Kelas XI MAN 2 Ciamis Tahun Ajaran 2021/2022) - (SKP.BK 0139). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya.
Text
Tanti Rostianti - COVER.pdf Download (24kB) |
|
Text
Tanti Rostianti - ABSTRAK.pdf Download (759kB) |
|
Text
Tanti Rostianti - BAB I.pdf Download (883kB) |
|
Text
Tanti Rostianti - BAB V.pdf Download (823kB) |
|
Text
Tanti Rostianti - DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (905kB) |
Abstract
Kecerdasan emosional merupakan suatu kemampuan individu dalam mengelola perasaan atau emosinya dengan tepat atau selaras, sehingga individu mampu mencapai keseimbangan dalam dirinya. Kecerdasan emosi sebagai kemampuan untuk mengendalikan diri sendiri dan memiliki daya tahan ketika menghadapi rintangan, mengendalikan impuls, dan tidak merasa cepat puas pada apa yang telah dicapai. Kecerdasan emosi mampu memotivasi diri untuk lebih optimis dalam menyelesaikan setiap permasalahan akademis dan cenderung memiliki pandangan yang positif dalam menilai segala sesuatu yang terjadi pada dirinya. Penelitian bertujuan untuk mengkaji korelasi antara kecerdasan emosional dengan stres akademik siswa kelas XI MAN 2 Ciamis Tahun Ajaran 2021 /2022. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasi yang melibatkan 269 subjek penelitian. Hasil penelitian menunjukan kecenderungan umum kecerdasan emosional pada kategori rendah dengan jumlah 52 siswa (19,3%), Sebanyak 176 orang siswa atau sebanyak (65,5%) berada pada kategori sedang dan sebanyak 65,5% atau sebanyak 176 siswa, dan sebanyak 41 siswa atau (15,2%). Kecenderungan umum tingkat stres siswa 20 siswa (7,4%) tingkat stress akademik rendah, 218 siswa (80, 1 %) memiliki tingkat stress akademik sedang, dan 31 siswa (11,5%) memiliki tingkat stress akademik yang tinggi. Hasil pengujian korelasi menggunakan product moment pearson menunjukan nilai koefisien korelasi antara kecerdasan emosional dengan stres akademik siswa kelas XI MAN 2 Ciamis sebesar -0, 690 dengan taraf signifikansi untuk hipotesis umum sebesar 0,000. lndeks korelasi ini mempunyai arti bahwa hubungan kedua variabel sangat tinggi Koefisien korelasi negatif menunjukan bahwa hubungan antara variabel kecerdasan emosional dengan stres akademik adalah tidak searah, artinya jika variabel kecerdasan emosional meningkat maka stres akademik akan menurun dan sebaliknya jika kecerdasan emosional menurun maka stress akademik meningkat.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kecerdasan Emosionel. Stres Akademik | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Bimbingan Konseling | |||||||||
Depositing User: | Tsani Karimah | |||||||||
Date Deposited: | 07 Nov 2022 03:02 | |||||||||
Last Modified: | 07 Nov 2022 03:02 | |||||||||
URI: | http://repository.umtas.ac.id/id/eprint/1119 |
Actions (login required)
View Item |