GAMBARAN PENGETAHUAN,PERSEPSI DAN PERILAKU KUNJUNGAN LANSIA POSBINDU KE PROLANIS DI PUSKESMAS TAMANSARI KOTA TASIKMALAYA - (SKP.0835)

Robby Rizky, - (2018) GAMBARAN PENGETAHUAN,PERSEPSI DAN PERILAKU KUNJUNGAN LANSIA POSBINDU KE PROLANIS DI PUSKESMAS TAMANSARI KOTA TASIKMALAYA - (SKP.0835). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya.

[img] Text
COVER.pdf

Download (89kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (796kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (860kB)
[img] Text
BAB VII.pdf

Download (814kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (810kB)

Abstract

Prolanis merupakan salah satu program pemerintah dalam upaya penanganan penyakit degeneratif, namun cakupan Prolanis di Puskesmas Tamansari masih kurang. Data di PuskesmasTamansarijumlah penderita hipertensi pada tahun 2017 mencapai 1577 kasus dan diabetes 294 kasus sedangkan pada periode Juli 2018 sebanyak 411 orang. Penelitianbertujuanuntukmengetahui gambaran pengetahuan, persepsi dan perilaku kunjungan lansia Posbindu ke prolanis di Puskesmas Tamansari Kota Tasikmalaya 2018.Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian iniadalah observasional/survey dengan metode deskriptif. Sampel dalam penelitian ini adalah lansia di Posbindu sebanyak 199 orang yang diperolehdenganteknikpurposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuesioner karena jenis data digunakan adalah data primerkemudian data dianalisissecaraunivariat menghasilkan tabel distribusi. Hasil penelitian menunjukan kunjungan Prolanis sebagian besar adalah kadangkadang (66.8%), pengetahuan masihkurangyaitutentang pengertian prolanis masihkurang(40.2%), tujuan prolanis (59.8%), Sasaran (55.8%), Kegiatan Prolanis (41.2%) aktivitas Prolanis pada lansia menjawab edukasi (53.3%), persepsi terhadap kegiatan prolanis prolanis pada lansia Posbindu sasaran prolanis sebagian besar Setuju (62.8%), pelaksanaan kegiatan prolanis setuju (58.3%), aktivitas prolanis termasuk tepat (29.6%), sarana prolanis pada lansia termasuk lengkap (54.3%), pengelola program prolanis termasuk menyenangkan (49.7%), informasi jadwal sangat setuju (32.7%), manfaat prolanis sebagian besar bermanfaat (63.8%), mutu Pelayanan kesehatan sebagian besar termasuk baik (43.2%).Dukungan keluarga pada lansia Posbindu berupa pemberian biaya (37.7%), dukungan nakes yaitu memberikan kemudahan berkunjung ke Prolanis (60.3%). OlehkarenaituPuskesmasdisarankanmelakukan sosialisasi secara menyuluh kepada masyarakat sasaran prolanis, mengevaluasi dalam mutu pelayanan kepada peserta Prolanis

[error in script]
Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN
Thesis advisorYusuf Rifa'i Romli, -NIDN8807500016
Thesis advisorNina Pamela Sari, -NIDN0430047703
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan, persepsi, kunjungan, prolanis
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > S1 Keperawatan
Depositing User: - Pustakawan UMTAS 2
Date Deposited: 08 Apr 2022 06:55
Last Modified: 26 May 2023 02:56
URI: http://repository.umtas.ac.id/id/eprint/964

Actions (login required)

View Item View Item