GAMBARAN KARAKTERISTIM PENGGUNAAN GADGET: HANDPHONE PADA ANAK USIA SEKOLAH DASAR DI SD NEGERI PENGADILAN KOTA TASIKMALAYA - (SKP.0826)

Maya Ratnasari, - (2018) GAMBARAN KARAKTERISTIM PENGGUNAAN GADGET: HANDPHONE PADA ANAK USIA SEKOLAH DASAR DI SD NEGERI PENGADILAN KOTA TASIKMALAYA - (SKP.0826). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya.

[img] Text
COVER Maya Ratnasari.pdf

Download (212kB)
[img] Text
ABSTRAK Maya Ratnasari.pdf

Download (812kB)
[img] Text
BAB I Maya Ratnasari.pdf

Download (801kB)
[img] Text
BAB VII Maya Ratnasari.pdf

Download (641kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA Maya Ratnasari.pdf

Download (588kB)

Abstract

Kemajuan teknologi yang semakin pesat menyebabkan penggunaan gadget di kalangan anak usia sekolah dasar yang dapat berpengaruh positif ataupun negatif terhadap tingginya penggunaan gadget di sekolah. Penggunaan gadget secara kontinu dapat merusak pola perilaku anak dalam kesehariannya, anak lebih sering bermain gadget daripada belajar dan sosialisasi dengan lingkungan, hal ini sangat mengkhawatirkan karena pada masa ini emosi anak tidak stabil. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran karakteristik penggunaan gadget; handphone pada anak usia sekolah dasar di SD Negeri Pengadilan Kota Tasikmalaya. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa/i kelas 5 dan 6 di SD Negeri Pengadilan Kota Tasikmalaya sebanyak 76 orang. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan teknik proportional random sampling sebantak 76 orang. Hasil analisis ini didapatkan karakteristik umur, pendapatan orang tua, lamanya penggunaan jenis layanan, dan visus penggunaan gadget pada anak usia Sekolah Dasar di SD Negeri Pengadilan Kota Tasikmalaya masing-masing berusia 11 tahun sebanyak 46 orang (60,5%), berpenghasilan lebih dari Rp. 1.700.000 sebanyak 47 orang (61,8%), > 2 jam per hari sebanyak 52 orang (68,4%), terkait dengan penggunaan jenis layanan paling banyak digunakan untuk bermain media sosial sebanyak 41 orang (53,9%), dan sebagian besar memiliki pengetahuan normal sebanyak 50 orang (65,8%). Penulis memberikan rekomendasi kepada pihak sekolah agar manfaat gadget: handphone dapat menjadi pertimbangan dengan pemberian media dan metode dalam pembelajaran sehingga siswa menjadi lebih kreatif, dan memberikan edukasi penggunaan gadget: handphone tidak menyebabkan menurunnya sosialisasi anak didik dengan lingkungan.

[error in script]
Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN
Thesis advisorAida Sri Rachmawati, -NIDN0405067902
Thesis advisorBayu Brahmantia, -NIDN0402098604
Uncontrolled Keywords: Gadget, Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > S1 Keperawatan
Depositing User: - Pustakawan UMTAS 2
Date Deposited: 07 Apr 2022 01:30
Last Modified: 26 May 2023 02:24
URI: http://repository.umtas.ac.id/id/eprint/943

Actions (login required)

View Item View Item