Dina Lusiana Syafira, - (2022) MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPA KELAS V SDN 4 GUNUNGLIPUNG - (SKP.PGSD.0081). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya.
Text
ABSTRAK.pdf Download (827kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (908kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (909kB) |
Abstract
Pembelajaran IPA salah satu muatan materi yang sering muncul dalam pembelajaran karena berhubungan langsung dengan lingkungan siswa. Pada pelaksanaan pembelajaran IPA, guru berperan penting dalam terciptanya kondisi pembelajaran yang interaktif sehingga tujuan pembelajaran dapat tersampaikan. Salah satu alternatif yang dapat digunakan dalam pembelajaran IPA yaitu dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) model ini berbasis masalah sebagai pembelajaran yang mampu meningkatkan kemampuan berkomunikasi siswa. Selain model pembelajaran, dalam proses pembelajaran guru diharuskan menggunakan media pembelajaran sebagai pendukung dalam menyampaikan materi yang diajarkan. Salah satu media yang dapat meningkatkan minat siswa dalam belajar dan membantu memecahkan permasalahan yang sedang dianalisis di dalam kelas adalah media audio visual. Jadi penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran PBL berbantuan media audio visual terhadap prestasi belajar IPA kelas V SDN 4 Gununglipung. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah Quasi Eksperimental Design dengan desain penelitian yang digunakan yaitu Nonequivalent Control Group Design. Penelitian ini dilakukan di SDN 4 Gununglipung. Populasi yang digunakan pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 4 Gununglipung yang berjumlah 31 siswa. Sampel yang digunakan yaitu seluruh populasi (total sampling), untuk pengambilan sampel memakai cara simple random sampling. Untuk teknik pengumpulan data menggunakan test yaitu pretest dan posttest serta data dianalisis dengan menggunakan aplikasi SPSS 23. Dari hasil data yang telah dianalisis, diperoleh sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 yang berarti H ditolak. Memperoleh normalitas data 0,093 > 0,05, dan tarafsignifikansi homogenitas data yaitu 0,462 > 0,05. Nilai rata-rata kelas eksperimen yaitu 85,87 dan kelas kontrol yaitu 69,06 (85,87 > 69,06) Maka model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan media audio visual memiliki pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar IPA kelas V SDN 4 Gununglipung.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Problem Based Learning, Prestasi Belajar, Pembelajaran IPA. | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar | |||||||||
Depositing User: | Tsani Karimah | |||||||||
Date Deposited: | 22 Mar 2022 06:27 | |||||||||
Last Modified: | 25 May 2023 06:46 | |||||||||
URI: | http://repository.umtas.ac.id/id/eprint/878 |
Actions (login required)
View Item |