KONSELING KOGNITIF BERBASIS MINDFULNESS UNTUK MENINGKATKAN DETERMINASI DIRI PADA SISWA

Rizki Siti Alianti, - (2022) KONSELING KOGNITIF BERBASIS MINDFULNESS UNTUK MENINGKATKAN DETERMINASI DIRI PADA SISWA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (939kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (792kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (750kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Motivasi dianggap sebagai faktor penting untuk keberhasilan belajar, termasuk dalam lingkungan belajar daring. Individu dengan motivasi belajar rendah sering kali memiliki determinasi diri rendah juga, individu dengan determinasi diri rendah belum mampu mandiri dan bertanggung jawab dalam mengerjakan tugas, kurangnya kreatifitas dan relasi yang kurang baik sehingga bisa berdampak pada prestasi. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas konseling kognitif berbasis mindfulness untuk meningkatkan determinasi diri pada siswa menggunakan metode eksperimen desain subjek tunggal (single subject research) dengan pola A-B-A. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis visual dengan melihat langsung kecenderungan garis trend pada grafik dan analisis statistik menggunakan perhitungan PND (parcentage Non-Overlapping Data) untuk menguji efektivitas intervensi yang diberikan. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan skor determinasi diri yang signifikan pada fase baseline (A1) lalu intervensi (B) dan baseline (A2). Dengan demikian konseling kognitif berbasis mindfulness terbukti efektif untuk meningkatkan determinasi diri pada siswa.

[error in script]
Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN
Thesis advisorFeida Noorlaila Isti'adah, -NIDN0431018901
Thesis advisorGian Sugiana Sugara, -NIDN0015128701
Additional Information: HARDCOPY (SKP.BK 0107)
Uncontrolled Keywords: Determinassi diri, Mindfulness, konseling kognitif berbasis mindfulness
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Bimbingan Konseling
Depositing User: Tsani Karimah
Date Deposited: 10 Mar 2022 01:40
Last Modified: 03 Jul 2023 04:38
URI: http://repository.umtas.ac.id/id/eprint/841

Actions (login required)

View Item View Item