HUBUNGAN RESPONSE TIME PERAWAT DALAM MEMBERIKAN PELAYANAN DENGAN KEPUASAN KELUARGA PASIEN DI INSTALASI GAWAT DARURAT (IGD) RUMAH SAKIT JASA KARTINI TASIKMALAYA - (SKP.812)

Ani Nuraeni, - (2018) HUBUNGAN RESPONSE TIME PERAWAT DALAM MEMBERIKAN PELAYANAN DENGAN KEPUASAN KELUARGA PASIEN DI INSTALASI GAWAT DARURAT (IGD) RUMAH SAKIT JASA KARTINI TASIKMALAYA - (SKP.812). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya.

[img] Text
Abstrak Ani Nuraeni.pdf

Download (749kB)
[img] Text
Bab I Ani Nuraeni.pdf

Download (766kB)
[img] Text
Bab VII Ani Nuraeni.pdf

Download (741kB)
[img] Text
Daftar Pustaka Ani Nuraeni.pdf

Download (755kB)

Abstract

Kepuasan keluarga pasien ditentukan oleh pelayanan yang diberikan di rumah sakit, salah satunya adalah waktu tanggap (response time) dengan penanganan ang cepat dan tepat. Response time merupakan indikator mutu pelayanan gawat darurat yang ditangani paling lama 5 menit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara response time perawat dalam memberikan pelayanan dengan kepuasan keluarga di IGD RS. Jasa Kartini Tasikmalaya. Metode penelitian yang digunakan adalah studi korelasi dengan jumlah sampel 49 orang menggunakan teknik purposive sampling. Alat ukur yang digunakan adalah arloji, lembar observasi dan kuesioner. Analisa data menggunakan analisa univariat dan bivariate (Chi Square). Hasil penelitian menunjukan response time perawat sangat cepat 89,8 % dan 10,2% response time lambat. Hasil penelitian kepuasan keluarga pasien menunjukkan tingkat kepuasan tinggi IGD RS. Jasa Kartini 57,2 % dan 42,8 % dengan tingkat kepuasan yang rendah. Hasil uji statistik menunjukkan ada hubungan antara response time perawat dalam memberikan pelayanan dengan kepuasan pelanggan di IGD RS. Jasa Kartini Tasikmalaya. Hasil penelitian menggunakan uji chi square pada fisher exact yaitu 0,011<nilai signifikan a (0,05). Saran untuk perawat IGD agar meningkatkan kualitas profesionalisme dalam melayani. Bagi manajemen Rumah Sakit hendaknya menyediakan klinik 24 jam sehingga kasus true emergency dan false emergency bisa terpisah. Ketersediaan SDM dan sarana pra sarana karena mempengaruhi kecepatan dalam pelayanan. Rekomendasi hasil penelitian lebih lanjut adalah meneliti faktor-faktor yang mempengaruhi response time.

[error in script]
Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN
Thesis advisorIda Rosidawati, -NIDN0408108604
Thesis advisorBayu Brahmantia, -NIDN0402098604
Uncontrolled Keywords: Instalasi Gawat Darurat, Kep[uasan Keluarga Pasien, Perawat, Response Time
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > S1 Keperawatan
Depositing User: Tsani Karimah
Date Deposited: 25 Feb 2022 02:10
Last Modified: 26 May 2023 02:07
URI: http://repository.umtas.ac.id/id/eprint/827

Actions (login required)

View Item View Item