Abdul Azis Zaelani, - (2021) Pengaruh Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Siswa Dikelas V Sdn Cimapag Pada Materi IPA Tentang Hewan Dan Jenis Makanannya. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya.
Text
cover.pdf Download (89kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (824kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (909kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (826kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (875kB) |
|
Text
lembar pernyataan - AZ.pdf Download (0B) |
Abstract
Pembelajaran IPA merupakan pembelajaran yang membutuhkan kerjasama yang baik antarsiswa dalam memahami materi pembelajaran. Kendala yang sering ditemui dalam pembelajaran IPA yaitu rendahnya prestasi belajar siswa dan tidak adanya penerapan media pembelajaran sehingga siswa cenderung kurang aktif dalam pembelajaran. Salah satu alternatif yang dapat digunakan dalam pembelajaran IPA yaitu dengan adanya media gambar. Dengan diterapkannya media gambar pada materi hewan dan jenis makananya, diharapkan adanya pengaruh pada prestasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media gambar terhadap hasil belajar siswa dikelas V SDN Cimapag. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan menggunakan jenis penelitian menggunakan metode PreEksperimental Design (One-Group Pretest-Postest Design). Penelitian ini dilakukan di SDN Cimapag. Populasi yang digunakan pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Cimapag yang berjumlah 20 siswa. Sampel yang digunakan yaitu seluruh populasi (total sampling), untuk pengambilan sampel memakai cara Purposive Sampling. Untuk teknik pengumpulan data menggunakan test yaitu pretest dan posttest serta data dianalisis dengan menggunakan aplikasi SPSS 25. Dari hasil data yang telah dianalisis, diperoleh sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 yang berarti H ditolak. Media gambar memiliki pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas V SDN Cimapag pada materi IPA tentang hewan dan jenis makanannya. Hal ini dibuktikan dengan data yang diperoleh 3 orang (25%) yang mencapai KKM. Namun setelah mendapat perlakuan mengalami peningkatan yang mencapai KKM sebanyak 17 orang (85%).
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Additional Information: | Hardcopy: SKP.PGSD.0073 | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Pengaruh Media Gambar, Prestasi Belajar, Pembelajaran IPA. | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar | |||||||||
Depositing User: | Tsani Karimah | |||||||||
Date Deposited: | 20 Jan 2022 04:37 | |||||||||
Last Modified: | 26 Oct 2023 07:19 | |||||||||
URI: | http://repository.umtas.ac.id/id/eprint/760 |
Actions (login required)
View Item |