HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN DENGAN KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI PUSKESMAS DTP URUG KOTA TASIKMALAYA - (SKP 0903)

Galang Aji Seftiagiri, - (2020) HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN DENGAN KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI PUSKESMAS DTP URUG KOTA TASIKMALAYA - (SKP 0903). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya.

[img] Text
ABSTRAK GALANG.pdf

Download (46kB)
[img] Text
BAB I GALANG.pdf

Download (208kB)
[img] Text
BAB VII GALANG.pdf

Download (125kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA GALANG.pdf

Download (123kB)

Abstract

Pelayanan kesehatan dan kepuasan pasien menjadi indikator keberhasilan penyelenggaraan pelayanan kesehatan di puskesmas. Kemampuan Puskesmas dalam memenuhi kebutuhan pasien dapat diukur dari tingkat kepuasan pasien. Puskesmas Urug Kota Tasikmalaya memiliki kebijakan mutu berkomitmen untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat yang terbaik untuk mencapai kepuasan pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kualitas pelayanan kesehatan dengan tingkat kepuasan pasien rawat inap di Puskesmas DTP Urug Kota Tasikmalaya tahun 2019. Metode penelitian menggunakan metode survei dengan pendekatan cross sectional dengan sampel 34 responden yang diperoleh dengan cara purposive random sampling. Analisis yang dilakukan yaitu analisis univariat menggunakan distribusi frekuensi dan analisis bivariat menggunakan Uji Chi Square.Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan antara kehandalan (p value 0,005), ketanggapan petugas (p value 0,002), jaminan dari petugas kesehatan (p value 0,014), kepedulian petugas kesehatan (p value 0,040) dan bukti langsung dari petugas kesehatan (p value 0,006). Dapat disimpulkan pula bahwa ada hubungan antara kualitas pelayanan dengan kepuasan pasien dengan p value 0.001. Hasil penelitian ini menunjukkan kualitas pelayanan yang paling rendah adalah dimensi kepedulian, oleh karena itu, perawat disarankan dapat memberikan pelayanan kepada pasien rawat inap dengan lebih peduli terhadap apa yang dirasakan oleh pasien ataupun keluarganya.

[error in script]
Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN
Thesis advisorUsman Sas yari, -NIDN0406098302
Thesis advisorNeni Sholihat, -NIDN0423017401
Uncontrolled Keywords: Kualitas pelayanan, kepuasan pasien
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > S1 Keperawatan
Depositing User: Tsani Karimah
Date Deposited: 26 Feb 2021 01:17
Last Modified: 29 May 2023 02:24
URI: http://repository.umtas.ac.id/id/eprint/62

Actions (login required)

View Item View Item