Sendi Debiyanto, - (2021) PENGARUH MODEL GROUP INVESTIGATION BERBANTUAN PRAKTIKUM SEDERHANA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MATERI SUHU DAN KALOR DI KELAS V SDN 3 CIBALONG - (SKP.SD 0063). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya.
Text
ABSTRAK.pdf Download (269kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (252kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (341kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (242kB) |
Abstract
Pembelajaran IPA adalah suatu pembelajaran yang berusaha dalam memahami alam semesta melalui pengamatan yang tepat pada sasaran, serta menggunakan prosedur, dan dijelaskan dengan penalaran sehingga mendapatkan suatu kesimpulan. Hambatan yang ditemui dalam pembelajaran IPA adalah kurangnya penggunaan media dan model pembelajaran yang bervariasi sehingga siswa merasa jenuh dan sulit dalam mengikuti pembelajaran. Salah satu alternatif yang dapat digunakan dalam pembelajaran IPA adalah menerapkan model pembelajaran Group Investigation berbantuan praktikum sederhana pada materi suhu dan kalor. Dengan diterapkannya model pembelajaran Group Investigation berbantuan praktikum sederhana diharapkan prestasi siswa dapat meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Group Investigation berbantuan praktikum sederhana terhadap prestasi belajar siswa materi suhu dan kalor di kelas V SDN 3 Cibalong. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperimental Design dengan desain penelitian yang digunakan yaitu Nonequivalent Control Group Design. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 3 Cibalong dengan populasi siswa kelas V SDN 3 Cibalong yang berjumlah 28 orang. Sampel yang digunakan adalah total sampling dengan pengambilan sampel dengan cara simple random sampling. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan pretest dan posttest kemudian data dianalisis dengan menggunakan aplikasi SPSS 25. Berdasarkan hasil uji hipotesis yang dilakukan dengan menggunakan aplikasi SPSS 25, diperoleh sig. (2-tailed) 0,004, sehingga sig. (2-tailed) < 0,05 yaitu 0,004 < 0,05 yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan dan Ho ditolak.Maka model pembelajaran Group Investigation berbantuan praktikum sederhana memiliki pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas V SDN 3 Cibalong pada materi suhu dan kalor mata pelajaran IPA. Untuk t hitung yang diperoleh yaitu 3,203 yang berada pada wilayah yang positif. Dengan demikian 3,203 > 2,05553 sehingga Ho ditolak. Nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 88,29 dan nilai rata-rata kelas kontrol yaitu 81,43. Sehingga 88,29 > 81,43. Maka model pembelajaran Group Investigation berbantuan praktikum sederhana berpengaruh positif terhadap prestasi belajar siswa kelas V SDN 3 Cibalong pada materi suhu dan kalor mata pelajaran IPA.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Group Investigation, Praktikum Sederhana, Prestasi Belajar, Pembelajaran IPA | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar | |||||||||
Depositing User: | Tsani Karimah | |||||||||
Date Deposited: | 29 Nov 2021 01:34 | |||||||||
Last Modified: | 23 May 2023 06:40 | |||||||||
URI: | http://repository.umtas.ac.id/id/eprint/616 |
Actions (login required)
View Item |