ANALISIS KEMAMPUAN MENULIS DAN MEMBACA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SDN 1 PICUNGREMUK

Lusi Andriyani, - (2021) ANALISIS KEMAMPUAN MENULIS DAN MEMBACA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SDN 1 PICUNGREMUK. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya.

[img] Text
COVER.pdf

Download (106kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (162kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (244kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (170kB)
[img] Text
DAPUS.pdf

Download (247kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan menulis dan membaca Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) dilihat dari sebelum dan sesudah diberika media oleh peneliti. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan grounded theory yaitu menghasilkan penjelasan umum dari sebuah proses peneliti fokus pada proses atau tindakan yang berbeda dari waktu ke waktu, mengembangkan teori dari proses atau tindakan tersebut, membuat catatan untuk dikumpulkan dan dianalisis, tempat penelitian dilakukan disalah satu sekolah negeri di Tasikmalaya yaitu SDN 1 Picungremuk yang beralamat dijalan Pagaden kelurahan Gunung Tandala kecamatan Kawalu kota Tasikmalaya. Informan dalam penelitian ini adalah siswa ABK kelas V SDN 1 Picungremuk yang bernama Rafles Rizki Agung. Sumber data diperoleh dari data yang dikumpulkan dengan metode wawancara dengan guru kelas, dan observasi kepada anak berkebutuhan khusus sebagai metode pokok. Metode bantuan berupa dokumentasi yang peneliti dapatkan selama melakukan penelitian dilapangan, melakukan wawancara dengan tujuan menghasilkan informasi secara langsung, instrumen menggunakan lembar observasi yang mendeskripsikan mengenai kemampuan menulis dan membaca Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) dan menganalisis data dan menjabarkan apa yang peneliti dapatkan agar dapat dipahami oleh peneliti dan pembaca. Hasil temuan yang didapatkan bahwa pengenalan huruf A-Z pada Anak Berkebutuhan Khusus bisa berjalan meskipun tidak dengan baik melalui berbagai tahapan dan pendekatan, terciptanya suasana belajar yang menyenangkan dan menarik. Meskipun anak masih mengalami kesulitan dalam mengingat huruf, tetapi sudah terlihat kemajuan dalam penulisan karena anak tersebut mengalami kebiasaan dalam penulisan huruf tersebut.

[error in script]
Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN
Thesis advisorAnggia Suci Pratiwi, -NIDN0023018703
Thesis advisorSunanih, -NIDN2114087301
Additional Information: HARDCOPY (SKP.PGSD.0065)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Menulis, Kemampuan Membaca, Anak berkebutuhan khusus (ABK).
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Tsani Karimah
Date Deposited: 26 Nov 2021 02:58
Last Modified: 03 Jul 2023 04:54
URI: http://repository.umtas.ac.id/id/eprint/611

Actions (login required)

View Item View Item