PENGARUH MEDIA KARTU KUARTET TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM TEMA 7 SUBTEMA 2 KELAS 4 SDN 1 LINGGAWANGI - (SKP.PGSD.0064)

Nisa Awaliyah, - (2021) PENGARUH MEDIA KARTU KUARTET TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM TEMA 7 SUBTEMA 2 KELAS 4 SDN 1 LINGGAWANGI - (SKP.PGSD.0064). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (167kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (243kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (165kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (166kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media kartu kuartet terhadap prestasi belajar siswa dalam tema 7 subtema 2 kelas 4 SDN 1 linggawangi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Jenis penelitian menggunakan quasi experiment dengan nonequivalent control group desain. Dalam desain ini populasi dibagi kedalam dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelompok eksperimen merupakan kelompok yang diberi perlakuan dengan menggunakan media kartu kuartet sedangkan kelompok kontrol merupakan kelompok yang mendapat perlakuan dengan model pembelajaran konvensional. Populasi yang digunakan adalah siswa kelas 4 SDN 1 Linggawangi sebanyak 20 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes pretest dan posttest dan data dianalisis menggunakan SPSS versi 20. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh bahwa media kartu kuartet memiliki pengaruh terhadap prestasi belajar siswa kelas 4 SDN 1 Linggawangi pada materi gaya. Hal ini terlihat dari perbedaan hasil nilai rata-rata pretest dan posttest pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pada kelas eksperimen diperoleh nilai ratarata pretest sebesar 60,00 dan nilai posttest sebesar 83,50 sedangkan pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata pretest sebesar 54,50 dan nilai posttest sebesar 61,50. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji Independent sample ttest. Dalam uji hipotesis diperoleh nilai t hitung > t (4.445 > 0,3922) sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho tabel ditolak. Hal ini menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil posttest kelas eksperimen dengan kelas kontrol, sehingga penggunaan media pembelajaran kartu kuartet berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa kelas IV materi macam-macam gaya di SDN 1 Linggawangi.

[error in script]
Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN
Thesis advisorMohammad Fahmi Nugraha, -NIDN0017039001
Thesis advisorBudi Hendrawan, -NIDN0421068603
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Kartu Kuartet, Prestasi Belajar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Tsani Karimah
Date Deposited: 26 Nov 2021 02:48
Last Modified: 23 May 2023 04:38
URI: http://repository.umtas.ac.id/id/eprint/610

Actions (login required)

View Item View Item